Doa Sang Guru

Renungan Rabu 27 Mei 2020

Bacaan: Kis. 20:28-38Mzm. 68:29-30,33-35a,35b-36cYoh. 17:11b-19

Ya Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. (Yohanes 17:11b)

Tuhan Yesus mengatakan kepada Allah Bapa, bahwa Dia telah mengutus para murid-Nya ke dalam dunia, karena itu pada malam perjamuan terakhir, Yesus menengadah ke langit dan mendoakan para murid-murid-Nya.

“Ya Bapa yang kudus peliharalah mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Kau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita”. 

Doa Yesus menunjukan rasa cinta kasih yang sangat mendalam pada para murid-Nya, Yesus merasa bahwa saat-Nya hampir tiba, Dia tidak ingin para murid tercerai-berai. Yesus memohon agar Allah Bapa memelihara, menjaga dan menguduskan para murid-Nya. Yesus menyadari bahwa dalam melaksanakan tugas perutusan, para murid akan banyak mengalami tantangan dan hambatan, terutama dari orang-orang yang membenci Kristus.

Tuhan Yesus menyerahkan segala sesuatunya kepada penyelenggaraan Allah Bapa, Dia percaya bahwa Allah Bapa akan memelihara para murid-Nya, dan menguduskan para murid dalam kebenaran, agar tidak ada yang tersesat dalam menjalankan ajaran-Nya.

Sahabat-sahabatku, kita semua ini juga adalah murid-murid Kristus. Marilah kita mewujudkan perutusan yang diberikan Tuhan Yesus kepada kita dengan sepenuh hati, agar kita mampu membawa sesama dan dunia dengan berbagai persoalan dalam doa kepada Bapa, terutama pada saat ini di mana seluruh dunia sedang dilanda kecemasan, ketakutan akibat wabah COVID-19.

Semoga Tuhan memberi kekuatan kepada yang lelah dan memberi semangat kepada yang tidak berdaya, agar mereka tidak menjadi lemah dan putus asa. Sebagai murid-murid Kristus kita wajib mendoakan mereka dan memberi semangat pada mereka agar mereka mampu bangkit dan semakin percaya pada Allah Bapa, karena bagi Allah tidak ada perkara yang mustahil. Amin. (MFK).