Diam Bersama Dia

Renungan Senin 11 Mei 2020

Bacaan: Kis. 14:5-18Mzm. 115:1-2,3-4,15-16Yoh. 14:21-26

“Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.” (Yohanes 14:23)

Selama beberapa hari ini kita semua diingatkan bahwa Yesus adalah Gembala Yang Baik dan kita juga harus menjadi gembala yang baik sekaligus juga menjadi domba yang baik yang selalu hidup dalam kebenaran dan layak untuk diutus oleh Tuhan. Tuhan Yesus juga meyakinkan kita bahwa Dialah Sang Jalan, Kebenaran dan Hidup dan menyediakan tempat di rumah Bapa. Tampaknya semua ini indah dan enak menjadi anak Bapa, menjadi murid Yesus, disiapkan semua secara luar biasa dan kita tinggal mengikuti saja. Apakah mudah mengikuti Yesus dan taat kepada-Nya?

Bacaan hari ini mengingatkan saya bahwa banyak orang kagum terhadap hal-hal yang dilihat mata, tetapi teladan Rasul Paulus dan Barnabas sangat luar biasa, mereka tidak larut dalam pujian dan menjadi sombong setelah terjadi mukjizat orang lumpuh bisa berjalan. Mereka tetap setia pada tugasnya untuk memberitakan Injil. Di sini saya belajar supaya tidak terjebak reaksi yang sesaat tetapi semua hanya untuk kemuliaan Tuhan.

Injil hari ini juga mengingatkan saya supaya terus menerus memegang perintah-Nya dan melakukannya. Hal ini berarti saya harus setia berdoa, membaca kitab suci dan menerapkan firman Tuhan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi utusan Tuhan berarti menjadi pelaku firman, bukan hanya belajar dan mengajar saja. Terutama saat sekarang ini banyak orang menderita di sekitar saya, karena saya tinggal di desa yang setiap hari berjumpa dengan tetangga dan para pekerja. Saya mendengar Si A, Si B yang di-PHK, yang kerja ojek tidak dapat cukup uang untuk keluarganya dan sebagainya.

Sesekali saya juga mengalami kegelisahan dengan situasi pekerjaan yang sepi, hati nurani saya ingin menolong orang banyak tetapi saya juga tidak tahu sampai kapan dan apakah saya bisa. Tetapi saya yakin Roh Kudus yang menguatkan saya dan saya yakin janji Tuhan Yesus selalu nyata.

Saya berpegang pada firman Tuhan yang mengatakan: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.” (Yohanes 14:23).

Saya yakin dan mohon Allah Tritunggal Maha Kudus datang dan tinggal bersama keluarga saya.

Doa: Terima kasih Tuhan, kami merindukan Engkau datang dan tinggal bersama keluarga kami dan Engkau yang mengatur hidup kami sekeluarga. Penuhi kami dengan Roh Kudus dan jadikan kami alat untuk mewartakan kemuliaan-Mu di mana saja Engkau mengutus saya. Amin. (MGND)