Yesus Sang Roti Hidup

Renungan Selasa 28 April 2020

Bacaan: Kis. 7:51 – 8:1aMzm. 31:3cd-4,6ab,7b,8a,17,21abYoh. 6:30-35

Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi. (Yohanes 6:35)

Pandemi Covid-19 yang melanda tanah air kita membuat banyak orang panik berbelanja untuk menyimpan kebutuhan makanan. Tempat-tempat belanja penuh sesak, barang-barang banyak yang kosong. Dalam Injil hari ini Yesus menegaskan kepada kita agar kita mengarahkan hati dan pikiran pada roti yang bertahan sampai hidup yang kekal, yaitu Yesus sendiri sebagai Roti Hidup. Roti yang berasal dari surga yang dibagi-bagikan kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya agar memperoleh hidup yang kekal.

Setiap kali kita merayakan Ekaristi Kudus, kita merayakan kehadiran Yesus yang memberikan diri dan hidup-Nya bagi kita. Tubuh dan darah Kristus yang kita sambut memberi kekuatan hidup dan mengantar kita menuju hidup yang kekal.

Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini kita pun masih dapat merayakan Ekaristi Kudus melalui live streaming. Semoga dalam kondisi seperti saat ini walaupun kita merayakan Ekaristi Kudus di rumah masing-masing dapat menyatukan diri kita dengan Kristus Sang Roti Hidup pemberi kekuatan dan pengharapan baru dalam membangun diri menuju hidup yang berbuah, bermanfaat dan bermakna bagi Tuhan dan sesama.

Doa: Tuhan berilah kami rahmat-Mu agar kami mampu mengarahkan hidup kami pada hidup yang berbuah kebaikan dan berguna untuk hidup yang kekal. Amin. (KLC)