Tinggalkan Zona Nyaman

Renungan Kamis 6 Februari 2020

Bacaan: 1Raj. 2:1-4,10-12; MT. 1Taw. 29:10,11ab,11d-12a,12bcdMrk. 6:7-13;

Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka. (Markus 6:12-13)

Dalam Injil hari ini yang kita baca, Yesus memanggil kedua belas murid dan mengutus mereka berdua-dua. Para rasul diutus Yesus untuk mewartakan pertobatan, mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit. Yesus juga membekali mereka dengan kuasa atas roh-roh jahat. Dalam perutusannya mereka tidak pernah melaksanakan sendirian. Mereka tetap melibatkan dan mengikutsertakan Tuhan dalam melaksanakan tugas perutusannya.

Bagaimana dengan kita dalam menyikapi panggilan perutusan Tuhan? Banyak dari kita yang menghindari tantangan dan kesulitan. Berbagai alasan yang kita buat, tidak punya waktu, sibuk dalam pekerjaan, urus anak, bukan urusan saya dll. Yesus menghendaki setiap dari kita untuk aktif, berani melangkah meninggalkan zona nyaman, aktif bergerak untuk senantiasa mewartakan kabar sukacita.

Perutusan para murid merupakan perutusan kita juga sebagai pengikut Kristus. Kita senantiasa dipanggil untuk datang kepada-Nya, untuk dapat menikmati keselamatan bersama Yesus. Kita juga diminta Tuhan Yesus untuk aktif mewartakan kabar keselamatan kepada orang lain. Supaya mereka juga dapat mengalami kasih Tuhan di dalam hidupnya.

Ya Yesus, bantulah kami untuk dapat mewartakan kabar sukacita kepada setiap orang yang kami jumpai. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari kami pun dimampukan untuk melakukan kasih kepada sesama dengan tulus. Berilah kami kepercayaan akan kuasa Ilahi-Mu dan jadikanlah kami saluran rahmat dan berkat bagi sesama kami. Amin. (BDH)