Roh Kudus di Hidupku

Renungan Senin 27 Januari 2020

Bacaan: 2Sam. 5:1-7,10Mzm. 89:20,21-22,25-26Mrk. 3:22-30

Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: “Bagaimana Iblis dapat mengusir Iblis? (Markus 3:23)

Saudaraku yang terkasih,

Injil hari ini membahas tentang Yesus yang dituduh mengusir setan dengan memakai kuasa Beelzebul. Perbuatan baik Yesus diputarbalikkan tetapi Yesus menjelaskan dengan sangat jelas bahwa bagaimana iblis dapat mengusir iblis.

Seringkali perbuatan baik kita juga tidak dapat diterima oleh orang lain bahkan cenderung berburuk sangka. Belajar dari cara Yesus menyampaikan penjelasan dengan menggunakan perumpamaan yang sederhana tetapi jelas membuat orang Farisi menjadi paham dan nama Allah semakin dipermuliakan.

Mari kita mau belajar dari cara Yesus mengatasi prasangka buruk orang Farisi. Kuasa yang ada di dalam diri Yesuslah yang mengalahkan dan mampu
mengusir setan-setan tersebut. Kuasa itu pun diberikan kepada kita anak-anak Allah melalui baptisan yang telah kita terima. Roh Kudus yang kita miliki lebih besar kuasa-Nya daripada roh yang ada di dalam dunia.

Kamu berasal dari Allah, anak-anakku,dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. (1 Yoh 4:4)

Kuasa Roh Kudus dalam hidup kita yang perlu disadari dan dimaksimalkan terutama dalam pelayanan. Semakin kita membuka hati akan karya Roh Kudus dalam diri kita, kita akan semakin dipakai lebih lagi bagi kebesaran dan kemuliaan nama-Nya.

  • Apakah aku sudah mengalami Roh Allah yang hidup di dalamku?
  • Apakah aku juga seringkali berburuk sangka pada orang lain yang berbuat baik?

Doa: Tuhan, terima kasih atas penyertaan-Mu dalam hidupku. Kasihanilah dan ampunilah aku jika sikap dan perbuatanku tidak berkenan pada-Mu. Biarlah Engkau yang meraja dan berkuasa dalam hidupku kini dan sepanjang segala masa. Amin. (M.I.P)