Bukan Pilihanku

Renungan Jumat 24 Januari 2020, Peringatan Wajib Santo Fransiscus Dari Sales

Bacaan: 1Sam. 24:3-21Mzm. 57:2,3-4,6,11Mrk. 3:13-19

Setiap orang memiliki jalan panggilan yang unik. Seperti Saul atau Daud, mereka memiliki kisah perjalanan dalam panggilan mereka. Dalam Injil hari ini Yesus memilih 12 orang yang dikehendaki-Nya untuk menyertai Dia. 12 orang itu diutus mewartakan Injil dan diberinya kuasa mengusir setan. Dalam hal ini Yesus melengkapi mereka dengan kuasa untuk mewartakan Injil. Kita juga dipilih untuk mewartakan Injil, kita percaya Tuhan Yesus tidak akan membiarkan kita berjalan sendirian. Untuk itu kita perlu berserah kepada-Nya untuk memperoleh kekuatan dalam melaksanakan tugas panggilan kita.

Menjadi pengikut Yesus bukanlah pilihan kita, dan bukanlah kehendak kita. Tuhan telah lebih dahulu memilih dan memanggil kita, bahkan ketika kita dalam keadaan berdosa. Allah memanggil dan memilih kita menjadi pengikut-Nya bukan karena kehebatan kita, melainkan karena Allah mengasihi manusia. Kita dipilih Allah untuk sebuah rencana yang indah, yaitu keselamatan. Bacaan Injil hari ini, Yesus memilih 12 orang untuk menjadi mitra kerjanya dalam karya penyelamatan. Sebuah kebahagiaan dan sukacita yang tak terkira bagi kita karena boleh menerima rahmat panggilan menjadi pengikut-pengikut Yesus. Semoga kita semua bisa menjalankan tugas panggilan kita sebagai pembawa Kabar Gembira dengan sebaik-baiknya agar semakin banyak orang mengenal Yesus dan banyak jiwa memperoleh keselamatan.

Doa: Tuhan Yesus, terima kasih Engkau telah memanggil kami menjadi pengikut-Mu untuk mewartakan Injil. Semoga berkat rahmat yang kau limpahkan kepada kami, kau mampukan kami  melaksanakan tugas mewartakan Injil kepada semua orang. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin. (FXG)