Sudahkah Saya Bertobat?

Renungan Minggu 8 Desember 2019, Hari Minggu Adven II

Bacaan: Yes. 11:1-10Mzm. 72:1-2,7-8,12-13,17Rm. 15:4-9Mat. 3:1-12

Sesungguhnya dialah yang dimaksudkan nabi Yesaya ketika ia berkata: “Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.” (Matius 3:3)

Pada masa Adven 2019 ini, bahan ibadat Adven di lingkungan / stasi temanya adalah: Menyiapkan Jalan Bagi Tuhan. Kita semua diminta untuk menyiapkan jalan bagi kedatangan Tuhan.

Salah satu usaha yang harus kita lakukan untuk menyambut dan menyongsong kedatangan Tuhan adalah dengan bertobat dari kehidupan lama. Berani untuk melangkah meninggalkan kehidupan lama dengan pertobatan. Tanpa pertobatan mustahil manusia akan layak dalam Kerajaan Allah. Pertobatan adalah buah dari iman percaya kita kepada Tuhan. Buah yang dari pertobatan, kita akan mengalami sukacita yang bersumber dari Tuhan kita Yesus Kristus.

Kita mau wujudkan pertobatan dengan mau senantiasa mencari wajah Allah, berdoa dan membaca firman Tuhan. Iman yang benar akan menghasilkan  pertobatan yang benar. Pertobatan yang benar akan menghasilkan perbuatan yang benar. Perbuatan yang benar akan mendatangkan sukacita dan anugerah yang berlimpah yang bersumber dari Allah.

Dalam masa Adven ini, mari kita menyiapkan jalan bagi Tuhan dengan bertobat, taat dan mendengarkan suara Tuhan supaya kita semua layak menyambut kedatangan-Nya.

Doa: Tuhan, kami senantiasa bersyukur atas rahmat yang telah dicurahkan dalam hidup kami. Kami mau kerjasama dengan-Mu untuk bertobat dan berlari meninggalkan dosa-dosa kami. Berilah kami kemampuan untuk melakukan pertobatan seturut kehendak-Mu. Amin. (BDH)