Siap Sedia

Renungan Minggu 1 Desember 2019, Hari Minggu Adven I

Bacaan: Yes. 2:1-5Mzm. 122:1-2,4-5,6-7,8-9Rm. 13:11-14aMat. 24:37-44.

Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga. (Matius 24:44)

Shalom, Saudara yang terkasih dalam Kristus.

Hari ini kita memasuki masa Adven yaitu masa penantian di mana kita semua diajak untuk menantikan kedatangan Tuhan Yesus Kristus. Banyak tempat di kota-kota besar dihiasi lampu warna-warni dan aneka hiasan yang semarak untuk menyambut Natal dan Tahun Baru. Namun kita semua sebagai umat beriman justru menantikan kedatangan Tuhan kita Sang Juru Selamat dan Raja Damai dengan mempersiapkan hati kita sambil siap sedia dan berjaga-jaga.

Umat Israel dalam zaman Nabi Yesaya juga sangat menantikan Tuhan, mereka sangat mendambakan kedamaian dan keselamatan yang dari Allah.

Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; (Yes. 2:4a)

Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Roma juga mengingatkan agar kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang, untuk bersiap sedia, selalu berjaga dan mawas diri agar tidak terlena dalam kehidupan duniawi. Kita tidak pernah tahu kapan akan dipanggil menghadap Tuhan, itulah sebabnya Tuhan mengingatkan kita agar selalu siap sedia, mengenakan Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang. 

Siap sedia dan berjaga-jaga perlu kita usahakan terus menerus, karena kadang kita yang masih hidup ini menuruti keinginan daging, menunda pekerjaan yang seharusnya bisa kita lakukan atau persiapkan lebih awal. Hal-hal yang kita lakukan kadang membuat kita jenuh, sehingga membuat terlena dan tidak fokus pada tujuan hidup kita.

Doa: Terima kasih, Tuhan Yesus akan sabda-Mu yang membuat kami kembali terjaga dan selalu siap sedia menyambut kedatangan-Mu di dalam kehidupan kami. Persiapkanlah kami, agar selalu siap sedia mewartakan kasih-Mu dalam hidup kami sehari-hari. Amin. (DLD)