Percaya dan Berserah

Renungan Jumat 20 Desember 2019

Bacaan: Yes. 7:10-14Mzm. 24:1-2,3-4ab,5-6Luk. 1:26-38

Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. (Lukas 1:30)

Injil hari ini bercerita tentang kisah Bunda Maria saat mendengarkan kabar dari malaikat Gabriel bahwa dia akan mengandung seorang anak laki-laki di mana pada saat itu dia belum bersuami. Hal ini tentu sangat mengejutkan sekaligus menakutkannya karena pada zaman itu hamil di luar pernikahan adalah suatu aib dan akibatnya bisa sangat buruk, sanksi-sanksi sosial seperti dihukum, dikucilkan bahkan bisa dianggap berzina dan kemudian yang terburuk adalah dirajam. Namun karena kesetiaan dan ketaatan-Nya kepada Tuhan maka ia sama sekali tidak menolak melainkan berserah secara penuh kepada Allah. Dia menyadari bahwa Allah yang penuh kuasa akan selalu menyertai dia, melindungi dan menolongnya dalam keadaan apa pun. Hal ini menunjukkan iman dan ketaatan seorang Maria yang sangat luar biasa sehingga harus kita contoh dan teladani.

Beberapa waktu yang lalu SEP mengadakan KRK dan sebagai acara utamanya adalah drama, kebetulan saya sekeluarga diberi kepercayaan untuk ikut terlibat dan bertugas dalam acara tersebut. Sebagai salah satu pemain drama itu adalah anak kami yang berkebutuhan khusus, dari awal mula kami ikut terlibat sehingga kami benar-benar tahu bagaimana proses mulai dari persiapan, gladi kotor dan gladi bersih sampai dengan hari H. Dalam satu adegan yaitu puncak dari acara drama tersebut adalah penampilan dari putra kami untuk menyanyi solo di mana selama latihan beberapa kali kami merasa dia belum bisa bernyanyi dengan baik, sehingga kami khawatir bagaimana nanti pada waktu tampil. Selain itu dari penampilan keseluruhan pemain dari tim drama terlihat mulai dari latihan-latihan sampai saat yang terakhir pun yaitu gladi resik masih belum terlalu baik malah terlihat banyak kekurangan yang terjadi baik dari penampilan pemain sendiri dan hal-hal pendukung teknis. Mungkin hal ini disebabkan waktu persiapan yang terlalu pendek untuk latihan dan kesulitan untuk latihan bersama dengan keseluruhan pemain drama. Singkatnya pada malam terakhir setelah gladi bersih kami hanya berdoa dan berserah semoga KRK besok dapat berjalan dengan baik, dan terutama kami berdoa untuk penampilan anak kami. Saat itu istri saya mengatakan bahwa dia merasakan Roh Kudus terus berkata supaya janganlah kita takut, namun tetap percayakan semuanya kepada Tuhan, Dia sendiri yang akan menyempurnakan dan membimbing anak kami supaya dapat bernyanyi dan tampil dengan baik. Puji Tuhan acara KRK tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar, bahkan anak kami dapat menyelesaikan penampilannya dengan luar biasa, jauh lebih baik dari sebelumnya pada waktu latihan. Bukan hanya itu tetapi keseluruhan acara pun dapat berjalan dengan baik dan lancar.  

Saudara terkasih, hal ini adalah contoh sederhana bagaimana terkadang kita masih sering merasa ragu, tidak percaya dan akhirnya menjadi ketakutan ketika dihadapkan suatu masalah atau pilihan. Kita jadi lupa bahwa kita memiliki Allah yang sanggup menolong kita, dan sesuai dengan janji-Nya Dia tidak akan pernah meninggalkan kita. Terkadang kita masih sering ragu akan rencana Tuhan dalam hidup kita dan takut mengambil langkah untuk terus maju. Marilah dengan renungan dari bacaan hari ini, dan dengan mengingat selalu sosok Bunda Maria yang tidak pernah goyah dalam imannya kita boleh diingatkan akan penyertaan Tuhan dalam sepanjang hidup kita. Yang pasti kita semakin diyakinkan bahwa rancangan-Nya adalah yang terbaik dalam hidup kita.

Doa: Ya Allah Bapa, kami sungguh bersyukur karena kembali Kau ingatkan kami untuk selalu belajar berserah kepada-Mu. Kami mau belajar dari sosok Bunda Maria yang dapat berkata sesungguhnya aku ini hamba Tuhan terjadilah kepadaku menurut perkataan-Mu demikian pula kami mengatakan terjadilah kepada kami menurut perkataan-Mu. Kami percaya bahwa kau telah rancangkan semua yang terbaik dalam hidup kami dan Engkau pasti akan terus menyertai setiap langkah kami. Amin. (MAR)