Imanuel, Allah Beserta Kita

Renungan Rabu 18 Desember 2019

Bacan: Yer. 23:5-8; Mzm. 72:2,12-13,18-19Mat. 1:18-24

Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” ?yang berarti: Allah menyertai kita. (Matius 1:23)

Menantikan suatu kelahiran seorang anak dalam keluarga tentu menjadi harapan yang menggembirakan, penuh sukacita. Demikian pula menunggu selama proses kehamilan dalam kandungan seorang ibu sampai kelahiran juga menjadi suatu hal yang penuh dengan harap-harap cemas. Maka kelahiran Yesus bagi umat Katolik, juga tentunya menjadi makna yang sangat istimewa, penuh sukacita. Melalui Bunda Maria yang mengandung dari Roh Kudus, Yesus akan datang dan lahir ke dunia sebagai Sang Juru Selamat umat manusia, yang membebaskan kita dari dosa. “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” (Mat. 1:21). Melalui ketaatan dan ketulusan Yusuf pula, maka segala persiapan proses kedatangan Yesus boleh terjadi bagi kita yang percaya akan Yesus sang Penyelamat.

Bagaimana dengan kita yang sedang menjalani masa Adven ini, persiapan apa yang kita lakukan dalam menyongsong kedatangan Yesus yang kita kasihi. Masa penantian kedatangan Yesus, kita lakukan dengan persiapan akan pembersihan diri melalui pertobatan atas dosa-dosa kita, dan melalui karya-karya kepedulian (karitatif) kita terhadap umat di lingkungan sekitar kita yang lebih membutuhkan uluran kasih kita Anugerah kasih sebagai tanda Allah hadir beserta kita dapat kita wujudkan dalam gerakan peduli atau solidaritas terhadap sesama (masyarakat sekitar) agar kehadiran Yesus dapat dirasakan.

Marilah kita selama masa Adven ini senantiasa mewujudkan gereja kecil dalam keluarga sebagai wujud tanda kehadiran Allah, sehingga pada saat kedatangan-Nya nanti kita dapat membawa sukacita, damai sejahtera bagi keluarga, sesama dan gereja.

Doa: Allah Bapa yang Maha Baik dan Maha Kasih, kami bersyukur kepada-Mu atas kesempatan masa Adven ini. Mampukan kami untuk dapat membawa kabar baik kedatangan-Mu bagi keluarga dan sesama. Berkatilah sesama kami yang masih belum atau tidak mengenal Engkau, supaya mereka juga merasakan sukacita kehadiran-Mu karena kasih-Mu sungguh besar yang mampu menaungi hidup kami semua. Semoga di hari Natal nanti Kau perbarui hidup kami, dengan perantaraan Tuhan kami Yesus Kristus, Amin. (MPS)