Menuju Hidup Baru

Renungan Kamis 28 November 2019

Bacaan: Dan. 6:12-28; MT Dan. 3:68,69,70,71,72,73,74Luk. 21:20-28

Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara, ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat. (Lukas 21:20)

Shalom, 

Sepekan ini bacaan Injil berkisar tentang tanda-tanda akhir zaman di mana kita dinasihati untuk bersedia dan akan mengalami penderitaan atau penganiyaan sebelum tiba saatnya Yesus datang untuk kedua kalinya mengadili kita. Dalam perikop ini, begitu jelas digambarkan tentang kedahsyatan tanda-tanda alam sehingga membuat mati ketakutan. Bahkan Yesus menegaskan bahwa yang akan menduduki Yerusalem adalah bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Itulah Yerusalem lama, Yerusalem yang hanya mengandalkan keindahan bangunan fisik. Yesus datang dan menjanjikan Yerusalem baru, yakni diri-Nya sendiri yang membawa keselamatan, keagungan dan keluhuran Kristus yang tersalib. Aturan dan hukum yang berlaku dalam Yerusalem baru adalah hukum kasih.

Hukum kasih inilah yang harus kita aplikasikan dalam hidup saat ini sehingga membawa buah kebaikan bagi sesama dengan tidak jemu-jemu sambil berjaga-jaga menantikan kedatangan anak manusia yang datang dalam awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Semoga kita semua didapatinya tetap setia sebab penyelamatan kita sudah dekat.

Doa: Tuhan Yesus, Putra Allah dan Juru Selamatku, janganlah biarkan aku terseret arus dunia. Bimbinglah aku untuk selalu membangun hidup batinku di tengah-tengah kesibukanku agar menjadi kekuatan dan landasan yang kokoh bagi imanku. Amin. (IIP)