Kelekatan

Renungan Jumat 15 November 2019

Bacaan: Keb. 13:1-9; Mzm. 19:2-3,4-5; Luk. 17:26-37

Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya. (Lukas 17:33)

Siapa yang sampai saat ini tidak menjaga hidupnya? Saya percaya setiap kita dewasa ini, meskipun tidak mewah dan berlimpah pasti berusaha menjaga hidupnya dengan makan tiap hari, berolah raga, minum vitamin, dll.

Ketika kita keluar dari rahim ibu, kita secara alami mencari apa yang dibutuhkan tubuh, dengan cara menangis keras agar ibu kita tahu kalau kita kelaparan. Kita diciptakan agar kita menjaga hidup, tetapi seringkali kita melupakan seberapa cukup, yang kita butuhkan karena setiap manusia pasti akan berusaha, mencari dan mencari terus yang belum mereka miliki, mulai kekayaan, pendidikan, status, jabatan dan lainnya. Jika hal ini tidak selalu diingatkan, maka kita semakin melekat dan susah dilepaskan. Karena kita harus lepas bebas dari barang yang kita miliki dan melekat erat hanya kepada-Nya.

Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita, agar kita tidak hanya fokus pada diri kita sendiri, tetapi terus berjalan dan melangkah dengan bimbingan-Nya. Apa yang kita alami itu bukan suatu kebetulan, namun kita harus percaya, bahwa Tuhan punya rencana yang indah dalam hidup kita.

Tuhan Yesus, terimakasih buat cinta-Mu yang begitu besar yang Engkau limpahkan di hidup kami. Ingatkan kami selalu, bahwa punya Engkau saja sudah cukup. Sehingga apa yang kami kerjakan dan lakukan sesuai dengan rencana dan kehendak-Mu saja. Bimbing kami Tuhan sehingga kami boleh selalu menyenangkan-Mu. Amin. Tuhan memberkati. (MYF)