Anak Terang Yang Cerdik

Renungan Jumat 8 November 2019

Bacaan: Rm. 15:14-21Mzm. 98:1,2-3ab,3cd-4Luk. 16:1-8

Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang. (Lukas 16:8b)

Siapa anak-anak dunia dan anak-anak terang? Anak-anak dunia (dalam hal ini adalah bendahara dan tuannya adalah tuan yang duniawi) adalah anak-anak yang selama hidupnya fokus pada hal-hal yang duniawi; sedangkan anak-anak terang adalah anak-anak yang hidupnya fokus pada kehendak Tuhan.

Disebutkan bahwa anak-anak dunia sangat cerdik dalam menjalani hidup di dunia ini. Mengapa? Mereka terus mengasah keahlian, pengetahuan dan karakter mereka agar selalu maksimal dengan tujuan untuk mendapatkan pekerjaan, jabatan, kekayaan dan ketenaran yang maksimal persis seperti yang dialami oleh bendahara tersebut.

Lalu bagaimana dengan anak-anak terang? Sayangnya anak-anak terang banyak yang terpengaruh sehingga juga bekerja keras hanya untuk hal-hal yang duniawi sedangkan untuk hal-hal yang surgawi sudah tidak berusaha keras atau tidak menjadi fokusnya lagi.

Seharusnya anak-anak terang juga berusaha dengan maksimal untuk mengasah keahlian, pengetahuan dan karakternya agar serupa dengan Kristus sehingga mereka menjadi jauh lebih cerdas dari anak-anak dunia. Bagaimana dengan kita? Semoga kita tetap berusaha untuk menjadi anak-anak terang yang juga cerdas secara rohani. Tuhan Yesus memberkati. (MHP)