Roh Kudus Andalanku

Renungan Sabtu 19 Oktober 2019, 

Bacaan: Rm. 4:13,16-18Mzm. 105:6-7,8-9,42-43Luk. 12:8-12

Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan. (Lukas 12:12)

Sesungguhnya sampai saat ini, saya masih perlu melatih diri untuk selalu rendah hati dan selalu belajar bahwa dalam setiap peristiwa apapun yang terjadi pasti ada hikmah di balik itu. Kecewa pada saat terjadi hal yang tidak sesuai dengan harapan, terlalu mengandalkan kemampuan diri sendiri seringkali saya lakukan dan semakin berpusat kepada ratio atau pikiran sendiri yang pada akhirnya membuat saya semakin tidak pandai bersyukur kepada Sang Pencipta sejati.

Yesus berkata kepada para murid-Nya, “Barangsiapa mengakui Aku di depan manusia, akan diakui pula oleh Anak Manusia di depan para malaikat Allah.” Mengakui Yesus di hadapan orang lain atau sesama artinya di dalam setiap hasil yang diperoleh dari pekerjaan kita hanyalah anugerah dari Sang Juru Selamat semata. Bersyukur atas pemberian anugerah kasih dalam kehidupan kita, baik dalam hal yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan atau kesedihan senantiasa mengakui bahwa Yesuslah yang hadir dalam hidup kita.

Selalu percaya bahwa Roh Kudus selalu menyertai kita sehingga dalam keadaan yang sulit, adanya kendala, dan masalah yang bertubi-tubi, kita tetap dapat bersyukur kepada Allah dan tetap rendah hati di hadapan Allah serta mengakui bahwa Dia adalah satu-satunya sumber kekuatan yang luar biasa. “Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajarkan kepadamu apa yang harus kalian katakan.” (Lukas 12:12)

Melalui injil Lukas ini, kita belajar menyerahkan kehidupan yang kita jalani kepada Allah, dan berusaha untuk selalu berelasi dengan Allah setiap saat agar terjadi pertumbuhan iman sesuai kehendak-Nya. Tetap mengandalkan Roh Kudus dalam menghadapi kesulitan, tantangan, kegalauan hidup dan belajar menerima anugerah akan pengharapan, iman dan kasih.

Doa: Allah Bapa yang Maha Baik dan Maha Kasih, kami bersyukur kepada-Mu atas penyertaan dalam setiap keadaan apapun yang kami alami. Bimbinglah kami terus untuk tetap setia mengikuti Engkau dan ajarilah kami untuk mendengarkan suara dan perintah-Mu. Kami percaya bahwa Roh Kudus senantiasa mengantarkan kami sampai kepada Kerajaan-Mu. Amin. (MPS)