Kerajaan Allah Sudah Datang

Renungan Jumat 11 Oktober 2019

Bacaan: Yl. 1:13-15;2:1-2Mzm. 9:2-3,6,16,8-9Luk. 11:15-26

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu. (Luk. 11:20)

Setelah kita membaca perikop injil hari ini, sekali lagi kita melihat bahwa orang-orang Yahudi tetap tidak mau percaya dan menolak Yesus dengan mengatakan bahwa Yesus mengusir setan dengan kuasa Beelzebul dan mereka juga meminta tanda dari surga.

Namun justru melalui situasi ini, Yesus memakai kesempatan untuk mengajar mereka bahwa Beelzebul si kepala setan itu hanya bisa dikalahkan dengan satu kuasa yang lebih besar darinya yaitu Allah sendiri dan ternyata Yesus dapat mengusir setan keluar dari orang itu.

Dengan demikian Yesus menyatakan bahwa Dialah yang datang dari Allah, sedang membawa Kerajaan-Nya ke tengah-tengah umat Yahudi. Yesus mengharapkan manusia untuk datang kepada-Nya dan menerima keselamatan dengan bertobat dan percaya kepada injil. 

Di dalam proses pertobatan pun, hendaknya kita tidak suam-suam kuku atau bersifat tomat (sebentar bertobat sebentar kumat lagi). Untuk itu kita mohon pertolongan Roh Kudus agar kita tidak jatuh lagi ke dalam cara dan pola hidup yang lama, yang akan membawa kita jatuh dalam keadaan yang lebih buruk.

Lalu ia keluar dan mengajak tujuh roh lain yang lebih jahat dari padanya, dan mereka masuk dan berdiam di situ. Maka akhirnya keadaan orang itu lebih buruk dari pada keadaannya semula.” (Luk. 11:26)

Doa: Ya Bapa, hari ini Engkau mengajarkan kepada kami bahwa Kerajaan Allah sudah ada di tengah-tengah kami, yaitu ketika kami menjadikan putra-Mu, Yesus Kristus sebagai Raja dengan hidup baru yang radikal, tidak suam-suam kuku. Bantulah kami dengan Roh Kudus-Mu agar kami pun menghadirkan Kerajaan-Mu yang menyelamatkan itu ke dalam kehidupan kami sehari-hari melalui perkataan, sikap dan perbuatan. Amin. (IMH)