Bukan Casing Saja

Renungan Selasa 15 Oktober 2019

Bacaan: Rm. 1:16-25Mzm. 19:2-3,4-5Luk. 11:37-41

Tetapi Tuhan berkata kepadanya: “Kamu orang-orang Farisi, kamu membersihkan bagian luar dari cawan dan pinggan, tetapi bagian dalammu penuh rampasan dan kejahatan. (Luk. 11:39)

Jadi ingat saat tahun 90-an saya pernah mempunyai HP Nokia 3310 yang saat itu lagi tren sebab bisa ganti-ganti casing dengan berbagai warna dan motif. Hampir semua orang di zaman itu punya HP ini sampai-sampai dijuluki HP sejuta  umat.

Untuk membedakan dengan HP milik orang lain saya mengecat atau menggambar sendiri casingnya sehingga kelihatan unik dan tidak ada yang sama. Harga casing yang begitu murah menyebabkan saya bisa ganti-ganti casing sesukanya.

Mencuci tangan adalah hal yang umum dilakukan sebelum kita makan, ini sudah menjadi kebiasaan. Tapi apa yang kelihatan baik dan umum ini dikecam oleh Yesus. Kecaman yang dikemukakan Yesus menunjukkan betapa seringnya manusia memoles sikap, hidup dan tindakannya hanya karena aturan, gaya, ikut-ikutan ataupun demi keuntungan pribadi.

Kelihatannya saya mempunyai HP yang setiap bulan atau bahkan setiap minggunya baru. Semua ini hanya demi gaya, tren ataupun kepopuleran semata sebab semakin unik casingnya semakin banyak yang tertarik. Tetapi sesungguhnya hanya casingnya saja yang baru sedangkan isinya tetap saja sama. Mau sebagus apapun casingnya tidak akan mengubah HP menjadi lebih canggih.

Dulu tetangga-tetangga melihat saya sebagai orang rumahan, sepanjang hari mereka melihat saya di rumah, sehingga mereka mengenal saja sebagai orang yang baik. Jelas apa yang mereka lihat tidak salah, sebab mereka tidak mengetahui saya bekerja di tempat-tempat hiburan malam. Di saat mereka tidur saya pergi dan di saat mereka bangun saya di rumah untuk tidur. Yang mereka lihat baik itu hanya casing saya semata. Tetapi apakah keluarga saya yang melihat isi, menilai saya baik? Tidak sama sekali.

Memoles casing sebagai tampilan luar sangat mudah. Berpura-pura agar kelihatan baik sangat mudah juga. Mungkin orang bisa melihat pelayanan kita di luar begitu luar biasa, tapi apakah keluarga yang mengetahui kita sampai ke dalam-dalamnya melihat hal yang sama? Melayani orang lain yang tidak dikenal dengan begitu hebat, tetapi apakah melayani keluarga sendiri sama hebatnya?

Mengganti casing, murah dan gampang tetapi mengganti isi HP memerlukan biaya yang lebih besar. Agar terlihat baik dan luar biasa di mata orang yang tidak mengenal kita sangat mudah, tapi untuk mengubah hati dan karakter di mata orang yang sangat mengenal kita, memerlukan proses dan perjuangan yang tidak mudah.

Tetapi ini yang Yesus kehendaki bahwa tampilan luar mencerminkan isinya bukan tampilan luar menipu karena tidak sesuai dengan isinya. Jangan sampai kita dikecam Yesus karena sikap hidup dan perbuatan tidak selaras dengan hati.

Doa: Tuhan Yesus, mampukan saya untuk berproses semakin hari menjadi semakin serupa dengan karakter-Mu. Bukan karakter yang semu, bukan hanya casingnya saja, tetapi segala ucapan, perilaku dan perbuatan berasal dari hati yang telah Engkau ubahkan. Amin. (MEN)