Mesias dari Allah

Renungan Jumat 27 September 2019, Peringatan Wajib St. Vinsensius A Paulo

Bacaan: Hag. 2:1b-10, Mzm. 43:1-4, Luk. 9:19-22

Yesus bertanya kepada mereka: “Menurut kamu, siapakah Aku ini?” Jawab Petrus: “Mesias dari Allah. (Luk. 9:20)

Setiap orang punya sebutan bagi Yesus. Ada yang mengatakan Mesias, ada yang mengatakan Anak Allah, ada yang mengatakan Juru Selamat, ada yang mengatakan Gunung Batu.

Permasalahan yang ada bukan sekedar kita menyebut siapa Yesus, tetapi sungguhkah sebutan itu mengalir dari hati kita?

Sering kali kita berkata Yesus Anak Allah, kita tahu Allah adalah satu pribadi yang dapat melakukan segala sesuatu, tetapi di saat kita mengalami permasalahan, kita sering kali tidak berserah pada kehendak Allah. Kita sering kali tidak percaya bila Alllah sanggup menyelesaikan permasalahan kita. Kita sering kali menggunakan kekuatan kita sendiri, bahkan mungkin kita mencari kekuatan yang lain. 

Hari ini Tuhan mengingatkan kita, bila kita menyebut Dia Anak Allah, sepatutnyalah kita percaya segala yang dilakukan dan diberikan bagi kita sudah sesuai dengan rencana-Nya, dan semua rencana-Nya indah.

Beberapa waktu ini saya kecewa dengan apa yang terjadi dengan anak saya, setiap berdoa saya selalu berserah untuk mohon bimbingan Tuhan bagi anak- anak saya. Namun di saat anak saya mengalami satu masalah di dalam pekerjaannya, dan ketika sikapnya mulai salah jalan, saya pun masih merasa putus asa.

Bacaan hari ini menyadarkan saya, bahwa apabila saya selalu menyebut Yesus Anak Allah dan Juru Selamat bagiku, maka saya harus percaya bahwa Yesus akan menyelamatkan saya dan anak saya. Yesus juga mampu menyelesaikan persoalan keluarga saya, karena Dia Anak Allah yang pasti sanggup melakukan dan menyelesaikan segala perkara. 

Doa: Tuhan Yesus ampuni aku yang masih sering tidak percaya ini. Bimbinglah aku dengan kuasa Roh Kudus  agar selalu percaya kepada-Mu. Amin. (HFS)