Iman Yang Besar

Renungan Senin 16 September 2019

Bacaan: 1Tim. 2:1-8Mzm. 28:2,7,8-9Luk. 7:1-10

Setelah Yesus mendengar perkataan itu, Ia heran akan dia, dan sambil berpaling kepada orang banyak yang mengikuti Dia, Ia berkata: “Aku berkata kepadamu, iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!” (Luk. 7:9)

Ingatkah kita, kapan terakhir kita berjumpa dengan Yesus, saat Tuhan bisa berbincang-bincang dengan kita, menegur kita, dan bertanya pada kita mengenai banyak hal tentang hidup kita? Saudara-saudariku yang dikasihi Tuhan, dengan semakin banyaknya kegiatan yang kita lakukan, membuat fokus kita berpindah, dari kehidupan bersama Tuhan, menjadi memperhatikan pada kebutuhan duniawi kita.

Tanpa kita sadari, bahwa tingkah laku kita menunjukkan seberapa besar iman kita. Walaupun tidak 100% selalu benar tapi, semua tindakan kita itu menunjukan siapa diri kita sebenarnya, yang menjadikan pertanyaan kita sebagai ciptaan Tuhan, apakah kita sudah menjadikan Yesus sebagai Raja di hidup kita.

Memang tidak mudah tetapi kita tahu bahwa Roh Kudus selalu ada dalam hidup kita, baik suka maupun duka. Sehingga ketika kita mau melekat erat hanya kepada-Nya, terbuka pada Roh Kudus, mengizinkan Roh Kudus berkarya di hidup kita. Maka kita bisa menyadari dan menjadikan Yesus sebagai Raja dalam kehidupan kita yang menguasai pikiran kita, perkataan dan tingkah laku kita. Sehingga setiap orang yang berjumpa dengan kita akan mengalami sukacita juga.

Sehingga Tuhan Yesus dapat bersukacita dan berkata, “Iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai, sekalipun di antara orang Israel!”

Tuhan memberkati. (MYH)