Sudahkah Kita Setia?

Renungan Minggu 11 Agustus 2019, Hari Minggu Biasa XIX

Bacaan: Keb. 18:6-9Mzm. 33:1,12,18-19,20,22Ibr. 11:1-2,8-19 (Ibr. 11:1-2,8-12); Luk. 12:32-48 (Luk. 12:35-40)

Hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu sangkakan. (Luk. 12:40)

Seringkali kita berjanji kepada Tuhan, mau senantiasa setia kepada-Nya. Apakah kita sudah melakukannya dengan sepenuh hati? Kita seringkali gagal dan jatuh ke dalam dosa. 

Injil hari ini meminta kita senantiasa siap sedia untuk menanti kedatangan Anak Manusia pada saat yang tidak kita ketahui. Kita sebagai anak Tuhan hendaknya bisa menjaga sikap dan perbuatan kita untuk menyenangkan hati Tuhan, untuk menjaga apa yang telah Tuhan percayakan dalam hidup kita.

Menjadi murid yang baik berarti menjadi murid yang setia. Yesus sangat menghargai mereka yang selalu setia kepada-Nya dan berani mengambil tanggung jawab yang telah Tuhan percayakan dalam hidup kita.

Sudahkah kita memperhatikan orang tua, suami, istri, anak-anak, orang lain yang Tuhan izinkan hadir di sekeliling kita. Sudahkah kita memberikan waktu dan perhatian untuk mereka. Tanpa kita sadari Tuhan telah menghadirkan orang-orang tersebut di dalam hidup kita. Tuhan telah memberikan tanggung jawab kepada kita untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan peduli kepada orang lain.

Marilah kita berdoa: Ya Bapa, terimakasih kalau kami selalu diingatkan untuk setia kepada-Mu melalui orang tua, suami, istri, anak-anak, orang lain yang diizinkan hadir di dalam kehidupan kami. Berilah kami kemampuan untuk selalu setia kepada-Mu. Amin. (BDH)