Mengertikah Kamu Semuanya Itu?

Renungan Kamis 1 Agustus 2019

Bacaan: Kel. 40:16-21,34-38Mzm. 84:3,4,5-6a,8a,11Mat. 13:47-53

“Mengertikah kamu semuanya itu?” Mereka menjawab: “Ya, kami mengerti.” (Mat. 13:51)

Shalom Bapak Ibu terkasih,

Bacaan Injil hari ini, Tuhan Yesus mengajarkan tentang kerajaan surga melalui sebuah perumpamaan pukat  yang dilabuhkan di laut dan penuh ikan lalu ditarik ke pantai. Ikan yang baik diambil dan yang buruk dibuang. Perikop ini menggambarkan bahwa orang yang hidupnya benar akan mendapat ganjaran sementara orang yang jahat akan dihukum.

Di akhir pengajaran-Nya, Yesus menanyakan kepada para murid-murid-Nya, apakah mereka mengerti akan segala hal itu, dan mereka menjawab bahwa mereka mengerti. Hal yang menarik adalah pertanyaan Yesus itu.

Dalam hidup ini, kita mengerti akan baik dan benar tetapi kita enggan untuk melakukannya dan sebaliknya walaupun kita tahu itu salah tetap saja kita terus melakukannya.

Saat kita melewati lampu lalu lintas dan berwarna merah, kita tahu dan mengerti kalau harus berhenti tetapi kita kerap kali menerobosnya. Sebaliknya kalau kita tahu itu benar kita pun ragu untuk melakukannya. Membantu orang miskin itu baik untuk dilakukan tetapi kita ragu untuk melakukan dengan banyak pertimbangan, misalnya saya saja belum cukup bagaimana membantu orang lain.

Inilah makna penghakiman akhir zaman, yaitu ketika tersadar bahwasanya kita bisa ikut terbuang saat kita mengerti ajaran-Nya dan tidak melakukan. Marilah kita mohon agar Roh Kudus menerangi akal budi kita dengan rahmat-Nya agar mampu memilih yang baik, benar dan berkenan kepada Allah.

Doa: Tuhan Yesus, Engkau senantiasa berupaya untuk mengajarkan kami hal-hal yang harus kami lakukan agar kami dapat memperoleh hidup yang kekal  dan berkenan kepada-Mu. Roh Kudus bantulah aku untuk membangun niat yang baik dan semakin mengerti akan jalan-jalan-Mu dalam hidupku. Amin. (IPJ)