Kasih Setia

Renungan Selasa 27 Agustus 2019, Peringatan Wajib Santa Monika

Bacaan: 1Tes. 2:1-8Mzm. 139:1-3,4-6Mat. 23:23-26;

Demikianlah kami, dalam kasih sayang yang besar akan kamu, bukan saja rela membagi Injil Allah dengan kamu, tetapi juga hidup kami sendiri dengan kamu, karena kamu telah kami kasihi. (1 Tes. 2:8)

Hari ini kita memperingati Santa Monika, seorang janda yang penuh kasih dan setia kepada Tuhan, juga kepada suami serta anak sulungnya Santo Agustinus. Sebagai orang beriman, kita harus penuh kasih setia seperti Santa Monika yang sangat mengasihi suami dan anak sulungnya yang hidup tidak teratur dan tenggelam dalam dosa. Santa Monika tidak putus asa, kasihnya menguatkan dia untuk setia berdoa kepada Tuhan sampai akhirnya suami dan anaknya bertobat.

Rasul Paulus juga penuh kasih setia dan setulus hati membagi segalanya untuk mewartakan Injil. Dia melakukan hanya untuk kemuliaan Tuhan tanpa pamrih dan tanpa kenal lelah.

Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus mengecam orang-orang Farisi dan ahli Taurat, dan mengatakan bahwa mereka adalah orang-orang munafik karena mereka tidak setia menjalankan hukum Tuhan.

Betapa luar biasa Rasul Paulus, juga Santa Monika yang dengan penuh iman dan harapan, membawa orang kepada Yesus untuk dipulihkan. Saya masih harus terus belajar mengikuti teladan mereka yang tetap penuh semangat melayani Tuhan dan sesama. Saya selalu merenungkan secara pribadi:

Apakah saya sudah beres dengan diri saya sendiri?
Apakah saya benar-benar penuh kasih setia kepada Tuhan dan sesama dalam karya pelayanan saya?

Doa: Tuhan Yesus Kristus penuhilah saya dengan kuat kuasa Roh Kudus-Mu agar bisa senantiasa penuh kasih setia dan terus berpaut kepada-Mu. Tuhan Yesus, tambahkanlah iman saya, terima kasih Tuhan. Amin. (MGND)