Mengasihi Secara Total

Renungan Senin 15 Juli 2019

Bacaan: Kel. 1:8-14,22Mzm. 124:1-3,4-6,7-8Mat. 10:34-11:1

Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku; dan barangsiapa mengasihi anaknya laki-laki atau perempuan lebih dari pada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. (Mat. 10:37)

Mengikuti Yesus harus secara total, dibutuhkan keteguhan hati, tidak setengah-setengah, ada banyak hal yang harus ditinggalkan, misalnya kenikmatan, kenyamanan, materi, kepentingan pribadi, bahkan keluarga.

Dalam Injil, Yesus mengatakan bahwa barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya lebih dari pada mengasihi Dia, maka dia tidak layak. Tuhan Yesus menghendaki kita mengasihi Dia di atas segala-galanya, kita harus penuh komitmen dan bisa meneladani para orang kudus yang mempunyai integritas, mampu melawan tantangan-tantangan yang menghadang dalam pewartaan Injil. Jangan biarkan kebenaran dikalahkan oleh kejahatan, marilah kita terus berjuang hidup seturut Injil, agar kita mampu menegakkan keadilan terhadap sesama.

Sahabat-sahabatku, di dalam Matius 10:42, Yesus menyatakan, “Dan barangsiapa memberi air sejuk secangkir sajapun kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya ia tidak akan kehilangan upahnya dari padanya.”

Di saat kita melakukan kebaikan-kebaikan terhadap sesama, tanpa kita sadari suatu saat kebaikan itu akan kembali lagi kepada kita, tetapi sebaliknya kalau kita menaburkan kebencian terhadap sesama tanpa kita sadari suatu saat kebencian itu akan kembali menghantam kita.

Semoga berkat karya Roh Kudus, kita mampu menyangkal diri, memanggul salib bersama Tuhan Yesus, mengikuti Dia dengan setia dan secara total. Amin. (TFK)