Jangan Menghakimi

Renungan Jumat 19 Juli 2019

Bacaan: Kel. 11:10-12:14Mzm. 116:12-13,15-16bc,17-18Mat. 12:1-8

Jika memang kamu mengerti maksud firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, tentu kamu tidak menghukum orang yang tidak bersalah. (Mat. 12:7)

Sejak kecil saya diajar disiplin dan tidak boleh melanggar peraturan yang sudah dibuat. Sehingga ketika saya melihat orang yang melanggar peraturan, saya jengkel dan ingin menegurnya.

Firman Tuhan hari ini, saya diingatkan lagi untuk memahami orang lain lebih baik, daripada menghakiminya, karena saya pun masih sering juga melanggar kesepakatan. Misalnya ketika saya lelah saya lebih memilih tidur daripada datang ke doa lingkungan, tetapi ketika saya melihat orang lain tidak datang ke doa lingkungan saya mulai menghakimi.

Sebagai murid Kristus, kita diminta tidak melihat selumbar di mata orang lain, padahal ada balok di mata kita. Sebelum menegur orang lain kita diminta untuk introspeksi, apakah saya sudah benar.

Saudara-saudariku yang dikasihi Tuhan, hal ini tidaklah mudah, karena ego dan kepentingan diri sendiri yang memengaruhi kita, namun ketika kita mengandalkan Roh Kudus berkarya di dalam kehidupan kita, kita akan mampu menyelami dan mencintai seperti Bapa di Surga, yang selalu mengampuni dan mencintai kita manusia berdosa ini.

Semoga dengan bacaan hari ini kita semakin rajin membaca firman Tuhan, merenungkan dan melakukannya. Sehingga kita dapat mencintai sesama, Seperti Bapa sangat mencintai kita. Tuhan memberkati. (MYH)