Kuatkan Hatimu

Renungan Senin 3 Juni 2019

Bacaan: Kis. 19:1-8; Mzm. 68:2-3,4-5ac,6-7ab; Yoh. 16:29-33.

Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia. (Yoh. 16:33)

Shalom,

Dalam amanat perpisahan-Nya, Yesus tahu apa yang akan terjadi dengan para muridnya. Untuk itulah Dia senantiasa memberikan nasehat yang penting kepada mereka dan kita semua para murid-Nya. Di dalam dunia kita akan mengalami penganiayaan sehingga tercerai berai oleh karena iman kita kepada-Nya. Tetapi Yesus berkata agar kita selalu kuatkan hati, dunia sudah dikalahkan-Nya.

Kita dipanggil oleh Tuhan untuk membangun kekuatan dengan dasar harapan Paskah. Dengan warta kebangkitan Tuhan diharapkan kita semakin bersemangat untuk bekerja dan hidup di dunia yang serba gelap dan penuh dengan godaan. Mampukah kita melihat kehadiran-Nya ketika kita mengalami penganiayaan? Peganglah janji Tuhan bahwa dunia ini sudah dikalahkan-Nya, maka bagian kita hanya menguatkan hati dan kita akan beroleh damai sejahtera seperti yang dijanjikan-Nya.

Bagaimana kita menguatkan hati kita? Memiliki komitmen utk terus berupaya meningkatkan kualitas iman sehingga beroleh kedewasaan rohani dan melalui doa, bacaan Kitab Suci, hidup bermatiraga, rekonsiliasi dan Ekaristi merupakan sarana bertumbuh dalam iman sehingga kita kuat bertahan dalam dunia ini.

Doa: Allah Bapa, Engkaulah sumber keselamatanku. Semoga setiap kali aku mendengarkan sabda-Mu, imanku akan semakin kuat. Topanglah aku dengan rahmat-Mu saat aku mengalami godaan dan kesulitan dalam hidup sebab Engkaulah sumber pengharapanku untuk selama-lamanya. Amin. (IPJ)