Jangan Berhenti Mewartakan Kabar Sukacita

Renungan Selasa 11 Juni 2019

Bacaan: Kis. 11:21b-26; 13:1-3Mzm. 98:2-3ab,3c-4,5-6Mat. 10:7-13

Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat. (Mat. 10:7)

Bulan Desember tahun lalu kami sekeluarga pergi ke Turki, di mana kota Antiokhia terletak. Di negara Turki juga terletak Efesus dan banyak kota lain yang tertulis di Alkitab. Turki dipercaya sebagai tempat di mana Yohanes menulis Kitab Wahyu. Di dekat kota Efesus juga terdapat tempat di mana Yohanes dan Bunda Maria tinggal setelah Yesus disalibkan. Tetapi hal yang cukup menyedihkan bagi kami sekeluarga adalah saat kami tiba di Turki, tepatnya di kota Bursa, ketika kami ingin beribadah, tidak ada satu pun gereja Katolik Roma atau pun Katolik Ortodox di sana.

Dalam bacaan pertama hari ini disampaikan “Di Antiokhialah murid-murid itu pertama kalinya disebut Kristen” (Kis. 11:26b). Saat ini persentase penduduk Turki yang beragama Kristen sudah lebih kecil dibandingkan negara tetangganya seperti Suriah bahkan Iran. Hal ini memperlihatkan kepada kita bahwa umat Kristen di Turki semakin sedikit. Padahal dahulu peninggalan gereja perdana hingga zaman pertengahan sangat banyak tersebar di negara tersebut.

“Kamu telah menerima dengan cuma-cuma; karena itu berilah dengan cuma-cuma.” (Mat. 10:8b). Kita semua saat ini sudah menjadi para pengikut Kristus. Bagaimanakah kita memberikan apa yang sudah kita peroleh dengan cuma-cuma kepada orang lain? Kita sudah mendapatkan Kabar Sukacita. Sudahkah kita memberikannya kepada orang lain? Saat ini bagaimanakah kita berbagi dalam keluarga kita? Bagaimanakah kita bisa mempertahankan iman Kristen kita dalam keluarga kita? Bagaimanakah kita bisa menjadi saksi Kristus di tengah masyarakat saat ini dengan memberikan yang cuma-cuma kepada semua orang di sekitar kita? Janganlah hanya mengharapkan dari para Pastor/Hirarki Gereja atau pengurus gereja. Mulailah dari diri kita masing-masing untuk menjadi saksi kemurahan Kristus.

Marilah kita berdoa: Ya Bapa yang Maha Pengasih dan Penyayang, kami anak-anak-Mu terkadang sering terlena dengan rahmat dan berkat yang telah Kau berikan kepada kami. Kadang kami menjadi alpa terhadap tugas perutusan kami di mana Putra-Mu telah menyampaikan kepada kami “Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Surga sudah dekat”. Ingatkanlah kami Bapa agar semakin sering memberikan apa yang telah kami peroleh dengan cuma-cuma dari-Mu kepada orang lain sehingga mereka juga merasakan kebahagiaan bersama-Mu. (AlX)