Hidup Dipimpin Roh Kudus

Renungan Minggu 16 Juni 2019, Hari Raya Tritunggal Maha Kudus

Bacaan: Ams. 8:22-31Mzm. 8:4-5,6-7,8-9Rm. 5:1-5Yoh. 16:12-15

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. (Yoh. 16:13a)

Sebagai manusia kita memiliki kecenderungan untuk berbuat dosa dan lebih memilih hidup menurut keinginan daging. Jujur kita akui bahwa tidak mudah bagi kita untuk menjauh dan melepaskan diri dari ikatan dosa yang membelenggu. Namun kita tidak boleh pula berkecil hati karena Tuhan telah mengutus Roh Kudus yang akan selalu mengingatkan kita saat kita menjauh dari pada-Nya untuk kembali hidup dalam kebenaran Allah.

Kehadiran Roh Kudus dalam hidup kita berfungsi sebagai penolong untuk mengenali kebenaran-kebenaran yang diajarkan oleh Allah. Apabila kita membiarkan hidup kita dipimpin oleh Roh Kudus maka kita tetap sanggup hidup sesuai dengan kebenaran Kristus, walaupun banyak tantangan, pergumulan dalam hidup kita. Bahkan karya Roh Kuduslah yang mengubah tantangan dan penderitaan itu menjadi sukacita bagi yang bertahan dalam pergumulan. Jika kita mengaku dipimpin Roh Kudus, namun masih hidup dalam ketidakbenaran berarti kita belum memberi ruang bagi Roh Kudus untuk bekerja dalam hidup kita.  

Bagaimana dengan hidup kita? Sudahkah kita hidup dalam pimpinan-Nya? Marilah kita tunduk pada pimpinan Roh Kudus karena Ia yang akan menuntun, menguatkan dan memimpin kita kepada kebenaran dan memuliakan Allah melalui hidup kita.

Doa: Allah Bapa yang penuh kasih, kami bersyukur atas Roh Kudus yang menghibur dan menuntun kami ke dalam kebenaran-Mu. Kiranya mampukan kami untuk tunduk dalam pimpinan Roh Kudus supaya hidup dalam kebenaran firman-Mu setiap hari. Amin. (KLC)