Hati Mengampuni

Renungan Kamis 13 Juni 2019

Bacaan: 2Kor. 3:15-4:1,3-6Mzm. 85:9ab-10,11-12,13-14Mat. 5:20-26

Kamu telah mendengar yang difirmankan kepada nenek moyang kita: Jangan membunuh; siapa yang membunuh harus dihukum. (Mat. 5:21)

Banyak dari kita yang memahami firman Tuhan di atas bahwa yang dianggap membunuh adalah apabila menghilangkan nyawa seseorang secara fisik. Sebenarnya membunuh lebih daripada itu. Membunuh bisa terjadi ketika orang membenci, membicarakan keburukan orang, memfitnah, mengumpat, mendendam.

Tanpa kita sadari, ternyata kita semua juga sering membunuh yaitu membunuh karakter seseorang dengan cara menyingkirkan seseorang, kita tidak peduli dengan sesama kita, menyebabkan seseorang tidak bisa berkembang, kehilangan kepercayaan dan jati diri. Secara fisik kita tidak membunuh, tetapi secara batin sudah membunuh sesama kita. Kita perlu untuk intropeksi diri, selalu rendah hati, tidak egois, menghargai perbedaan dengan orang lain, selalu memberikan pujian yang positif kepada orang lain.

Mari kita mohon kepada Tuhan supaya Roh Kasih selalu ada di hati kita sehingga bisa selalu mengampuni. Di mana pun kita berada selalu memberikan sukacita dan damai bagi semua orang. 

Doa: Bapa, berikan kami kemampuan untuk selalu mengasihi dan mengampuni sesama kami, seperti Engkau sudah mengasihi kami terlebih dahulu. Amin. (BDH)