Taat Melakukan

Renungan Kamis 23 Mei 2019

Bacaan: Kis. 15:7-21Mzm. 96:1-2a,2b-3,10Yoh. 15:9-11

Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. (Yoh. 15:10)

Ketika Allah memanggil dan didengarkan, Dia memberikan segala sesuatu yang dibutuhkan. (St. Yohana Antida).

Pernahkan Anda merasa takut tidak bisa melakukan apa yang Tuhan minta? Atau cemas karena tidak mengerjakannya dengan baik? Bisa jadi nasihat di atas cocok untuk situasi tersebut. Perintah serta panggilan Tuhan ada kalanya terasa berat bahkan mustahil untuk dituruti. Namun pada saat kita melakukan dengan taat, kita akan memperoleh sukacita seperti yang Yesus janjikan.

Mengapa kita merasakan sukacita saat itu? Karena kita mengalami kasih Yesus sendiri. Itulah yang dimaksud St. Yohana sebagai segala sesuatu yang dibutuhkan, yaitu dikasihi Yesus, tinggal dalam kasih-Nya. Saat ciptaan ada di dalam kasih penciptanya, sebenarnya dia telah mendapatkan semua yang diperlukan dalam hidupnya sehingga hanya sukacita yang dirasakan. Itulah juga yang dialami St. Teresa dari Kalkuta saat merawat orang yang menderita, miskin secara material namun mendapat semuanya, yaitu sukacita surgawi.  Sukacita dalam ketaatannya.

Jika Anda ingin merasakan sukacita dalam kasih Yesus, mari belajar taat seperti yang Yesus lakukan, taat pada Bapa.

Doa: Bapa, terima kasih untuk Yesus yang Kau utus memberikan teladan ketaatan bagi kami. Utuslah Roh Kudus-Mu ke dalam hati kami agar kami dimampukan untuk taat menanggapi panggilan hidup kami hari ini.
Amin. (FWJ)