Rencana Allah Yang Baik

Renungan Sabtu 20 April 2019

Bacaan: Kej. 1:1-2:2;Kel. 14:15-15:1;Yes. 55:1-11;Rm. 6:3-11;Luk. 24:1-12

Dalam bacaan-bacaan Kitab Suci pada malam Paskah ini, kita diajak merenungkan bagaimana sejak awal mula penciptaan Allah telah menciptakan segalanya baik adanya. Meskipun manusia tidak puas akan karya Allah sehingga mengakibatkan manusia jatuh dalam dosa, Allah tetap berupaya menyelamatkan manusia agar tidak binasa karena dosa.

Bacaan ke-2 dari Kitab Keluaran menceritakan peristiwa pembebasan bangsa Israel dari perbudakan Mesir, yang merupakan titik awal kepercayaan bangsa Israel kepada Tuhan Allah penyelamat mereka sehingga mereka mulai merenungkan tentang Tuhan. Rencana keselamatan ini berjalan sampai saat ini dan berlaku secara universal, tetapi bukan sesuatu yang diobral murah. Karena untuk menggapai tawaran Allah itu kita harus belajar mengerti dan menaati kehendak Allah seperti Yesus. 

Pada Malam Paskah ini telah diwartakan Kabar Gembira penyelamatan kita melalui kebangkitan Yesus. Tuhan tidak pernah membiarkan kita terseret dosa. Dia melakukan pembebasan dari perbudakan dosa. Kita diberi hati yang baru agar mampu hidup baru. Jangan sia-siakan anugerah keselamatan-Nya.

Doa: Ya Allah, pada malam Paskah ini, kami ingin merenungkan kembali arti hidup kami seturut wafat dan kebangkitan Putra-Mu. Semoga misteri Paskah ini makin kami hayati dari hari ke hari, menuntun langkah kami untuk makin dekat pada-Mu. Terangilah hati dan pikiran kami dengan Roh Kudus supaya kami dapat mengerti jalan keselamatan yang telah Engkau sediakan bagi kami. Puji syukur dan kemuliaan hanya bagimu Allah Tritunggal, sekarang dan selamanya. Amin. (MVLD)