Melayani Seperti Yesus

Renungan Kamis 18 April 2019

Bacaan: Kel. 12:1-8.11-14;Mzm. 116:12-13. 15-16bc.17-18;1 Kor. 11:23-26;Yoh. 13:1-15

Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu. (Yoh. 13:14)

Yesus yang adalah Allah tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan melainkan telah mengosongkan diri-Nya dan mengambil rupa seorang hamba serta menjadi sama dengan manusia. Yesus dengan rendah hati dan rela melayani manusia. Bahkan Yesus telah memberikan teladan yang luar biasa dengan rela membasuh kaki para murid-Nya padahal Dia adalah Tuhan dan Guru Agung.

Lalu siapakah kita ini? Dapatkah kita belajar dari teladan Yesus, mau melayani keluarga, kerabat, teman, komunitas, atau orang lain dengan kerendahan hati dan tanpa pamrih? Ketika melihat ada saudara yang lapar, tertimpa musibah, relakah kita menolongnya?

Tuhan Yesus telah memberi teladan suatu pelayanan yang merendahkan diri bagi orang yang dilayani. Sebagai murid-murid Kristus kita harus saling melayani, saling mengasihi dan merendahkan diri satu dengan yang lain. Yesus menghendaki kita untuk melakukan apa yang telah diteladankan-Nya.

Mari kita memiliki hati seperti Yesus, yang rela melayani sesama dengan kerendahan hati.

Doa: Bapa yang penuh kasih, perbaruilah hati kami agar menjadi pribadi yang peduli, mengasihi, dan melayani sesama dengan kerendahan hati. Amin. (KLC)