Berbuat Yang Benar

Renungan Jumat 12 April 2019

Bacaan: Yer. 20:10-13 ; Mzm. 18:2-3a.3bc-4.5-6.7 ; Yoh. 10:31-42

Tetapi kata Yesus kepada mereka, “Banyak pekerjaan baik yang berasal dari Bapa–Ku Kuperlihatkan kepadamu; manakah diantaranya yang menyebabkan kamu mau melempari Aku dengan batu?” (Yoh. 10:32)

Pada bacaan injil hari ini, kalimat “banyak pekerjaan baik yang Kuperlihatkan” dan kalimat “menyebabkan kamu melempari Aku dengan batu”, merupakan dua kalimat dalam satu ayat yang menunjukkan bagaimana sebuah kebaikan dibalas dengan kejahatan. Seringkali kita juga melakukan hal ini ataupun kita merasakan hal seperti ini dalam kehidupan kita sehari-hari.

Sebagai contoh: Seorang Romo yang memimpin di Paroki ataupun seorang ketua lingkungan, masih saja dapat kritikan dari umatnya. Kritik yang membangun adalah bagus. Namun bila kritikan ini menjadi bahan gosip yang ditambahi bumbu penyedap hingga bertambah-tambah menjadi fitnah, apakah benar? (kita melemparkan batu)

Atau mungkin kita sendiri mengalami hal seperti itu. Kita difitnah dengan berita yang tidak benar, padahal kita melakukan kebenaran dan menerapkan kasih (kita yang dilempari batu).
Bagaimana perasaan kita?

Maka sebagai umat Katolik, apalagi di masa Pra Paskah ini, kita harus mengendalikan diri untuk tidak jatuh dalam dosa.
1. Kita menjauhi hal-hal yang menyebabkan kita melemparkan batu (perbuatan dosa).
2. Kita harus melakukan perbuatan baik/kebenaran yang Tuhan Yesus ajarkan walaupun kita ditolak dan dibenci.

Doa: Ya Yesus Tuhan kami, ampuni kami bila kami sering “melemparkan batu” kepada sesama kami. Sekaligus kami juga mohon kekuatan dari Engkau sendiri bila kami juga mengalami “dilempari batu” oleh sesama kami. Kuatkan kami dalam iman akan Engkau, agar kami tetap Kau mampukan untuk mewartakan kebenaran-Mu. Sebab Engkaulah Tuhan kami, kini dan sepanjang masa. Amin.(IJW)