Buatlah Aku Murah Hati

Renungan Kamis 14 Maret 2019

Bacaan: T.Est. 4:10a,10c-12,17-19Mzm. 138:1-2a,2bc-3,7c-8Mat. 7:7-12

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. (Mat. 7:12a)

Bacaan Injil hari ini menarik perhatian saya. Matius 7 ayat 12 ini adalah bagian dari perikop mengenai pengabulan doa, sehingga ayat ini tidak dapat dilepaskan konteksnya dengan ayat-ayat di atasnya.

Saya merenungkan apa yang ingin disampaikan ayat ini sehubungan dengan pengabulan doa, yaitu di Matius 7:7 Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Saya diingatkan bahwa seringkali apa yang tidak saya lakukan itu yang menjadi penghalang doa saya. Saya selalu berdoa agar Tuhan bermurah hati dan memberkati kehidupan saya, tetapi saya tidak pernah bermurah hati dan memberkati orang lain. Saya sering berdoa minta agar Tuhan sabar terhadap saya, tetapi dalam kehidupan sehari-hari saya tidak sabar terhadap orang lain. Hari ini saya diingatkan apa yang saya ingin Tuhan perbuat untuk saya, itulah yang harus saya lakukan untuk Tuhan yang ada dalam diri sesama saya.

Doa: Tuhan, mohon rahmat-Mu agar aku dapat selalu menyadari bahwa Engkau ada dalam diri sesamaku, dan Engkau berikan aku hati yang murah hati, karena itu yang selalu aku inginkan agar Engkau bermurah hati padaku. Amin. (FSH)