Allah Yang Menyempurnakan

Renungan Rabu 27 Maret 2019

Bacaan: Ul. 4:1,5-9Mzm. 147:12-13,15-16,19-20Mat. 5:17-19.

“Dan bangsa besar manakah yang mempunyai ketetapan dan peraturan demikian adil seperti seluruh hukum ini, yang kubentangkan kepadamu pada hari ini?”(Ul. 4 : 8)

Betapa Allah membuat segalanya sempurna bagi anak-anak-Nya. Sejak jaman Perjanjian Lama, Ia telah membuat ketetapan-ketetapan dan aturan-aturan yang bila ditaati, akan membuat anak-anak-Nya hidup bahagia.

Jadi Yesus tidak membatalkan satupun dari hukum Taurat karena Allah sudah membuatnya dengan tujuan yang baik bagi umat-Nya.

Tetapi sayang, kita semua seringkali tidak taat dengan peraturan-peraturan yang dibuat Allah bagi kita.

Kita melanggar perintah-Nya untuk menguasai bumi dan memeliharanya, sehingga banyak bencana yang seharusnya tidak terjadi, menghancurkan manusia dan melenyapkan banyak kehidupan.

Kita diminta berbelas kasih menghapus hutang saudara-saudara kita yang miskin dan tak mampu membayar pada tahun yobel dan kita diminta tidak membebani saudara kita dengan pinjaman berbunga.

Namun, berapa banyak dari kita yang melakukannya pada saat ini? Bukankah banyak orang menderita yang semakin menderita karena kita menerapkan aturan dunia atau bahkan aturan kita sendiri tentang pembayaran hutang sesama yang kekurangan?

Marilah di masa prapaskah ini, kita kembali mengingat ketetapan Tuhan yang dibuat sejak jaman dahulu, yang dimaksudkan untuk memberi keadilan bagi semua umat-Nya. Marilah kita berubah oleh pembaharuan budi kita.

Doa : Ya, Bapa, semoga kami menyadari keadilan peraturan-Mu bagi manusia, dan dengan sadar mentaati semua ketetapan-Mu. Amin. (HCLK)