Kasih Bapa

Renungan Rabu 6 Februari 2019, Peringatan Wajib St. Paulus Miki

Bacaan: Ibr. 12: 4-7,11-15Mzm. 103:1-2,13-14,17-18aMrk. 6:1-6

Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. (Mzm. 103:13)

Bacaan hari ini mengingatkan saya pada suatu film kartun anak-anak yang berjudul Lion King. Kisah seekor raja singa yang menjaga, melindungi anaknya dengan kasih sayang. Si raja singa juga mengajarkan pada anaknya untuk berburu dan juga memberi nasehat yang baik agar kelak dapat menjadi penerusnya. Namun sayang sekali, si anak singa yang selalu diliputi rasa ingin tahu mengabaikan dan tidak menuruti nasihat ayahnya, sehingga membuat dirinya celaka. Ketika didengar oleh si raja singa bahwa anaknya dalam bahaya, si raja singa tetap berusaha menolong anak yang dikasihinya, walaupun harus ditebus dengan nyawanya sendiri.

Dalam surat kepada orang Ibrani, kita diingatkan agar kita jangan sampai melupakan dan meremehkan didikan Tuhan. Sama seperti ketika kita dididik oleh orang tua kita agar kelak kita menjadi orang yang baik, jujur dan suka menolong orang lain. Pada saat kita mendapat didikan itu, mungkin kita merasa tertekan, rasanya ingin berontak, ingin mau menang sendiri, jenuh karena harus melakukannya dengan taat dan disiplin. Namun setelah kita dewasa dan memetik hasil didikan orang tua kita, maka kita merasa bersyukur karena telah menuruti didikan orang tua kita.

Sama Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian TUHAN sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia.  (Mzm. 103:13) Tuhan sayang kepada orang yang taat, yang setia, dan yang mau melakukan kehendak Bapa. Marilah kita selalu berusaha untuk taat, setia dan melakukan kehendak Bapa untuk mewartakan Kristus dalam kehidupan kita sehari-hari. Doa: Allah Bapa yang Maha Pengasih, Engkau telah memberikan Yesus Putra-Mu agar menjadi penyelamat kami. Ajar kami untuk taat, setia dan juga mampu menjadi saluran berkat bagi sesama kami. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan Pengantara kami. Amin. (DLD)