Benih Firman Yang Tumbuh

Renungan Jumat 1 Februari 2019

Bacaan: Ibr. 10:32-39Mzm. 37:3-4,5-6,23-24,39-40Mrk. 4:26-34

Lalu kata Yesus: “Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah, lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu. (Mrk. 4:26-27)

Firman bisa kita ibaratkan seperti benih. Saat firman ditabur dan ditanam di dalam hati seseorang, kita tidak tahu kapan firman itu bertumbuh dan berbuah. Semua ada waktu dan masanya. Ada yang sesaat sudah berbuah lebat, ada juga yang sampai lama tetap tidak berbuah. Namun di saat kita percaya dan berserah penuh pada penyelenggaraan Allah, maka iman kita pun bertumbuh. 

Saat saya belajar mewartakan kabar sukacita Allah, sering ada rasa kecewa, mengapa sulit mengajak orang untuk bertobat. Namun firman hari ini meneguhkan saya bahwa pertobatan adalah karya Allah yang kita tidak dapat memprediksi waktu dan bertumbuhnya. Ada yang cepat, ada yang lambat. 

Doa: Tuhan Yesus biarlah imanku juga selalu bertumbuh dengan pewartaan-pewartaan yang aku sampaikan pada setiap orang. Amin. (HFS)