Perubahan Hidup

Renungan Senin 21 Januari 2019, Peringatan Wajib St. Agnes

Bacaan: Ibr. 5:1-10Mzm. 110:1,2,3,4Mrk. 2:18-22

Pada suatu kali ketika murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi sedang berpuasa, datanglah orang-orang dan mengatakan kepada Yesus: “Mengapa murid-murid Yohanes dan murid-murid orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?” (Mrk. 2:18)

Ketika saya masih kecil, saya sudah diajari untuk berpantang jajan. Hal itu bukan hal yang sulit saya lakukan, karena saya tidak punya uang buat jajan. Dengan bertambahnya usia, saya kemudian bisa berpuasa, hal itu pun dapat saya lakukan dengan mudah, karena motivasi saya berpuasa agar saya tetap cantik dan sehat.

Namun ketika saya sudah mengalami Tuhan secara nyata dalam hidup saya, kemudian saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan di dunia ini, haruslah sesuai dengan firman-Nya. Tuhan menginginkan bahwa pada saat saya melakukan kegiatan bukanlah untuk kepentingan saya pribadi, atau untuk kesenangan saya saja melainkan saya harus melakukannya karena itu yang Tuhan mau dan hal itu menyenangkan-Nya dan untuk kemuliaan-Nya.

Saudara, hal ini memang tidak mudah, namun percayalah kita pasti bisa melakukan firman Tuhan itu apabila kita persembahkan dan menyerahkan hidup kita ke dalam tangan-Nya. Karena Tuhan Yesus sudah berjanji memberikan Roh Kudus ke dalam kehidupan kita. Roh yang memberi semangat saat kita lemah, Roh yang memberi kekuatan saat mengalami godaan, juga memberi teguran nyata saat kita melakukan dosa.

Yang menjadi pertanyaan bagi kita, apakah kita sudah mengalami perubahan hidup setelah Tuhan Yesus hadir dalam hidup kita? Mintalah kepada-Nya agar kita boleh mengalami perubahan hidup itu.

Doa: Tuhan Yesus, tolonglah kami menyadari bahwa tanpa-Mu kami tak akan dapat mengalami perubahan hidup itu. Berilah kami kesadaran bahwa hanya Engkau saja cukup bagi kami. Amin. (MYF)