Tanda-Tanda Zaman

Renungan Minggu 18 November 2018, Hari Minggu Biasa XXXII

Bacaan: Dan. 12:1-3Mzm. 16:5,8,9-10,11Ibr. 10:11-14,18Mrk. 13:24-32

TANDA-TANDA ZAMAN

Kita tahu bahwa akhir zaman di mana Tuhan Yesus datang untuk kedua kalinya, tidak ada yang tahu tepatnya kapan. Seperti firman-Nya:

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja. (Mrk. 13:32)

Tetapi kita diajar oleh Tuhan melalui Injil-Nya hari ini bahwa kita bisa melihat atau mengetahui tanda-tanda kedatangan-Nya. Tuhan mengingatkan bukan kapannya yang harus kita cari, tetapi kita diminta untuk selalu waspada dan terus berjaga-jaga terlebih ketika kita melihat tanda-tanda zaman yang diperingatkannya telah muncul.

Saya dipanggil Tuhan untuk bertobat dengan sungguh-sungguh dan mendekat pada-Nya tahun 2003. Pada tahun 2004 saya mengikuti kursus Misi Evangelisasi di mana pada saat pengajaran, saya terpikir dan berkata dalam hati, “Mengapa sekarang Tuhan? Saya masih muda. Di luar sana masih banyak yang belum saya nikmati (ini adalah hal-hal negatif dan kenikmatan dunia yang saya pikirkan karena saya sudah terbiasa hidup di dunia gemerlap itu). Tiba-tiba Bapak pengajar berbicara tentang akhir zaman dan entah kenapa saya sangat tertarik waktu mendengarkannya. Dalam konsentrasi mendengarkan sebuah suara muncul, “Itu lho!” Saya bertanya, “Itu apa Tuhan?” Jawab-Nya, “Waktunya sudah dekat, mendekatlah pada-Ku!”

Sejak itu saya memutuskan untuk bertobat lebih sungguh lagi dan menghilangkan keinginan-keinginan duniawi yang akan menjauhkan saya dari pada-Nya. Apakah saya mengalami jatuh bangun saat itu? Tentu saja. Tetapi saya terus berusaha bangkit dan berusaha hidup kudus di hadapan Tuhan.

Teman-teman yang terkasih, waktunya semakin dekat. Tanda-tanda zaman yang sudah Tuhan peringatkan semakin banyak. Mari kita semakin mendekatkan diri pada-Nya dan terus berjaga-jaga.

Doa: Allah Bapa di surga, terima kasih karena Engkau sudah memanggil kami untuk mendekat pada-Mu, mengalami Engkau yang hidup. Teruslah pimpin kami dalam Roh-Mu dan jangan biarkan kami menyimpang dari pada-Mu. Sebab Engkaulah Allah kami yang berkuasa, penyelamat kami sekarang dan selama-lamanya. Amin. (VSH)