Mengembangkan Diri

Renungan Rabu 21 November 2018

Bacaan: Why. 4:1-11Mzm. 150:1-2,3-4,5-6Luk. 19:11-28

MENGEMBANGKAN DIRI

Jawabnya: Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, dari padanya akan diambil, juga apa yang ada padanya. (Luk. 19:26)

Dalam injil hari ini Yesus bercerita tentang seorang bangsawan yang berangkat ke sebuah negeri yang jauh. Sebelum ia berangkat, ia memberikan uangnya kepada beberapa orang yang dipercayainya untuk mengembangkan uangnya sampai ia kembali.

Namun saat ia kembali dan meminta pertanggungjawaban dari orang-orang yang dia percayai, dia mendapati dua orang yang bekerja keras dan melipatgandakan uang yang dipercayakan kepada mereka dan seorang tidak berbuat apa-apa.

Dua orang yang mengembangkan uang tuannya dan menjalankan tugasnya dengan baik, mereka mendapat peranan dan tanggung jawab yang lebih besar. Sedangkan hamba yang mengabaikan kepercayaan dari tuannya itu tersingkir dari lingkaran orang-orang penting di sekitar raja baru itu.

Pelajaran yang diberikan Yesus pada kita para pilihan-Nya ialah:

[1] Pada suatu saat nanti Yesus akan datang kembali dan memerintah sebagai raja, Ia akan meminta pertanggungjawaban kita atas talenta dan iman kesetiaan kita kepada-Nya.

[2] Kita adalah orang-orang pilihan-Nya, Ia telah menitipkan kepada kita kehidupan dan segala kelengkapannya. Ia mengharapkan hasil dari kita semua. Tugas kita adalah mengolah hidup ini agar menghasilkan buah-buah kehidupan yang nantinya kita persembahkan kepada Tuhan bersama hidup kita.

[3] Kelengkapan hidup yang dititipkan pada kita berupa bakat, kesempatan untuk belajar, bekerja, berkeluarga dan secara khusus memiliki panggilan untuk menjadi pengikut Kristus, semuanya adalah karunia dan rahmat Allah, kita dituntut untuk merawat dan mengembangkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Doa: Allah Bapa yang maha baik, aku bersyukur atas segala kasih dan karunia-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku. Tolonglah aku agar dapat mengembangkan bakat dan talenta yang telah Engkau percayakan kepadaku terutama untuk mewartakan kabar sukacita-Mu dan mengabdi sesama. Amin. (MLEN)