Ada di Sini

Renungan Kamis 15 November 2018, Pf S. Albertus Agung, Uskup dan Pujangga Gereja

Bacaan: Flm. 7-20Mzm. 146:7,8-9a,9bc-10Luk. 17:20-25

ADA DI SINI

Dan orang akan berkata kepadamu: Lihat, ia ada di sana; lihat, ia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut. (Luk.17:23)

Tuhan Yesus dengan jelas mengatakan bahwa Kerajaan Allah sudah berada di tengah-tengah kita, damai-Nya, sukacita-Nya, dan kuasa-Nya juga ada bersama kita. Namun betapa sering kita seakan melupakan hal itu atau bahkan tanpa sadar meragukannya. Tak jarang kita terpikat dan tergoda untuk ikut-ikutan ke sana ke mari mencari-cari kuasa dan mujizat Tuhan dalam sesuatu yang sering kali tampak heboh dan spektakuler di mata manusia, yang bahkan terselubung di balik ajaran gereja sehingga seolah-olah terlihat “rohani dan Alkitabiah”. Tepat seperti yang dikatakan Injil Tuhan hari ini, “Lihat dia ada di sana; lihat dia ada di sini! Jangan kamu pergi ke situ, jangan kamu ikut.” Kita perlu melihat dan menyikapi segala sesuatu dengan bijak dan tetap dalam tuntunan Roh Kudus.

Injil Tuhan hari ini mengajak kita untuk melihat dan menyadari kembali bahwa kuasa dan kerajaan Allah itu sudah ada di dalam diri setiap anak-anak Tuhan. Janganlah terpikat dan mencari-cari tanda-tanda lahiriah. Percaya dan tetap berharap hanya kepada Tuhan, serta berjuang dalam iman dan kebenaran firman Tuhan.

Berkat Tuhan melimpah bagi semua, selamat hari Kamis. (JTI)