Tuaian Memang Banyak

Renungan Kamis 4 Oktober 2018, Peringatan Wajib St. Fransiskus dr Assisi

Bacaan: Ayb. 19:21-27; Mzm. 27:7-8a,8b-9abc,13-14; Luk. 10:1-12

TUAIAN MEMANG BANYAK, TETAPI PEKERJA SEDIKIT

Kata-Nya kepada mereka: “Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada Tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu. (Luk. 10:2)

Beberapa bulan yang lalu seorang teman di Kursus Evangelisasi Pribadi (KEP) membagikan cerita  imannya kepada kepala sekolah SMA-nya dulu. Dia bukan seorang Katolik yang dulu di sekolah termasuk anak yang nakal. Namun setelah mengikuti KEP dia mengalami Tuhan dan memutuskan untuk menjadi seorang Katolik.

Kesaksiannya akan kasih Tuhan dalam hidupnya bersambut di mana sang kepala sekolah ternyata juga sedang memikirkan untuk menambah pelajaran iman yang dia rasa sangat kurang di sekolahnya. Pelajaran agama yang sekarang berjalan beliau rasakan belum cukup untuk membekali anak-anaknya.

Awalnya kami mau semua anak Katolik dari kelas 10-12 yang mendapatkan pengajaran Evangelisasi tetapi karena keterbatasan personel kami memutuskan untuk mengadakan bagi kelas 11 dan 12 saja karena banyak pelayan Tuhan yang bekerja mengingat pelayanan dilakukan di hari Sabtu pagi sebagai pelajaran ekstra. Sehingga pekerja yang bakal melayani akan tidak banyak.

Awalnya kami juga bingung siapa yang akan membantu. Tetapi kami putuskan untuk tetap mempersiapkan dan percaya Tuhan akan siapkan pekerja-pekerja seperti firman di atas.

Puji Tuhan doa kami dikabulkan bahkan kami sekarang bisa melayani anak-anak kelas 10 juga dengan berkolaborasi bersama sahabat-sahabat dari kepemudaan Badan Pelayanan Keuskupan Pembaruan Karismatik Katolik Surabaya (BPK PKK) yang melayani dengan penuh semangat.

Tahun depan kami berharap Tuhan membuka pelayanan ini di banyak sekolah Katolik, berarti kami juga memerlukan lebih banyak lagi pekerja. Semoga lebih banyak lagi pekerja yang Tuhan kirim.

Doa: Tuhan Yesus utuslah lebih banyak lagi pekerja untuk kebun anggur-Mu, sebab tuaian banyak tetapi pekerja sedikit. Satukanlah hati kami Tuhan dan buatlah kami semua melayani dengan hati yang terarah kepada-Mu. Persiapkanlah kami untuk lebih setia dan bersemangat atas tugas perutusan kami, agar semakin nyata pekerjaan-Mu di dunia di mana saja kami berada. Amin. (VSH)