Keinginan Menjatuhkan

Renungan Minggu 7 Oktober 2018

Bacaan: Kej. 2:18-24Mzm. 128:1-2,3,4-5,6Ibr. 2:9-11Mrk. 10:2-16 (Mrk. 10:2-12)

KEINGINAN MENJATUHKAN

Maka datanglah orang-orang Farisi, dan untuk mencobai Yesus mereka bertanya kepada-Nya. (Mrk. 10:2)

Beberapa waktu yang lalu ramai berita yang menyita perhatian rakyat Indonesia bahkan Internasional karena adanya potongan video dengan ucapan yang diucapkan seorang pemimpin. Para penyebar video ingin menunjukan bahwa  pemimpin yang bersangkutan telah menghina suatu golongan dengan kata-katanya.

Demikian juga Sabda Tuhan hari ini, menceritakan bagaimana orang Farisi berusaha mencari pernyataan atau kata-kata Tuhan Yesus untuk menjatuhkan Dia, mereka berharap mendapatkan suatu jawaban dari Tuhan yang menunjukan bahwa Yesus menentang hukum Taurat.

Saat ini hampir serupa dengan hal tersebut betapa sering orang framing perkataan seseorang dalam chatting, untuk menunjukan bahwa orang tersebut telah mengatakan sesuatu yang salah dengan tujuan untuk memojokkan seseorang atau membuktikan bahwa dia pernah mengatakan hal tersebut dan kemudian menyebarkan kepada orang lain untuk membentuk opini.

Tuhan mengingatkan saya melalui sabda-Nya hari ini, jangan pernah memakai kata-kata seseorang dan menyebarkannya dengan tujuan untuk menjatuhkan, meskipun pernyataan tersebut memang salah tetapi apabila saya punya motivasi jahat untuk menjatuhkan maka saya tidak ubahnya seperti orang Farisi.

Doa: Roh Kudus, mohon Engkau selalu mengingatkan dan menyadarkan motivasiku sebelum aku menceritakan perbuatan atau perkataan seseorang kepada orang lain. (FSH)