Rules Maker

Renungan Minggu 2 September 2018, Hari Minggu Biasa XXII, Hari Minggu Kitab Nasional

Bacaan: Ul 4:1-2,6-8Mzm. 15:2-3a,3cd-4ab,5Yak. 1:17-18,21b-22,27Mrk. 7:1-8,14-15, 21-23

RULES MAKER

Maka sekarang, hai orang Israel, dengarlah ketetapan dan peraturan yang kuajarkan kepadamu untuk dilakukan, supaya kamu hidup dan memasuki serta menduduki negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu. (Ul. 4:1)

Bagi Yesus sikap terhadap peraturan Allah harus diutamakan dan bukan peraturan manusiawi, apalagi peraturan yang membuat kita mengabaikan Tuhan dan sesama. Bisa terjadi bahwa demi peraturan ada manusia yang dikorbankan. Dalam kehidupan harian, kita sering menemukan berbagai aturan seperti itu, yang mencekik dan berat bahkan lebih daripada aturan Allah sendiri. Akibatnya banyak penderitaan dan ketidakadilan karena peraturan yang menindas itu.

Peraturan dari Tuhan tidak untuk memadamkan roh dalam diri seseorang. Malahan dari bacaan pertama kita belajar bahwa bila kita mendengar dan melakukan dengan setia segala ketetapan dan peraturan-Nya maka kita akan hidup dan dapat menerima janji Allah. Demikian juga dengan peraturan dari manusia yang bersumber dari kasih Tuhan.

Kita semua pernah membuat peraturan. Baik bagi diri sendiri, bagi anggota keluarga, anggota komunitas, karyawan, dan lain-lain. Sudahkah peraturan tadi bersumber pada peraturan Tuhan? Apa efeknya pada orang lain dan diri sendiri? (ARFW)

Hasil gambar untuk rules