Perubahan Besar

Renungan Kamis 6 September 2018

Bacaan: 1Kor. 3:18-23Mzm. 24:1-2,3-4ab,5-6Luk. 5:1-11

PERUBAHAN BESAR

Kata Yesus kepada Simon: “Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia.” (Luk. 5:10b)

Sahabat terkasih, ada kalanya di dalam kehidupan ini, kita mengalami yang namanya perubahan. Ada perubahan lembut terjadi, namun ada pula yang radikal, tiba-tiba dan mengagetkan.

Beberapa waktu yang lalu, saat saya sedang mengajar di satu kelas Kursus Evangelisasi Pribadi, saya berbicara tentang iman. Saya sharing tentang suatu masalah yang berkenaan dengan kesehatan saya dan bagaimana iman saya mengalami pertumbuhan karena masalah tersebut. Di tengah sesi pengajaran ada istirahat makan siang, dan saya bertemu dengan seorang bapak yang juga mengalami masalah kesehatan yang sama dengan yang saya alami. Sharing bapak ini demikian meyakinkan saya agar saya mau menjalani tindakan medis untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Bapak ini kemudian merekomendasikan nama seorang dokter yang telah menyelamatkannya. Jujur, saya sedang bergumul, antara operasi atau dibiarkan saja, karena selama ini tidak terlalu mengganggu. Kalau mau lebih jujur lagi, karena saya takut masuk rumah sakit.

Singkat cerita, melalui berbagai pertimbangan, kegalauan, kekuatiran, sebab akibatnya, maka dalam waktu yang relatif singkat, saya putuskan untuk bertemu dengan dokter yang direkomendasikan dan saat itu juga dokter bertanya, “Mau operasi kapan?” Dan tidak lama setelahnya, saya menjalani operasi tersebut. Hal ini adalah suatu perubahan besar yang saya alami, dua tahun saya bergumul dan bertahan untuk tidak operasi, namun hanya dalam waktu satu bulan setelah bertemu bapak tersebut, saya memutuskan untuk dioperasi.

Sahabat, Injil hari ini juga mencatat satu peristiwa besar yang terjadi dalam kehidupan Simon. Dia tidak pernah menyangka bahwa hari itu dia akan bertemu dengan Yesus yang meminjam perahunya untuk khotbah. Bukan hanya pinjam gratisan, Tuhan bayar ketulusan Simon untuk meminjamkan perahunya dengan memberikan tangkapan ikan yang sangat besar jumlahnya. Padahal semalaman, Simon, yang adalah nelayan ulung, tidak mendapat hasil apa-apa. Simon menyadari, Yesus ini ternyata bukan pribadi yang biasa-biasa saja, karena ternyata perintah-Nya membawa berkat bagi Simon. Simon kemudian mendapatkan tawaran yang tidak mampu dia tolak, “……. mulai sekarang engkau akan menjala manusia.” Inilah awal mula perubahan besar yang akan terjadi dalam hidup Simon.

Sahabat terkasih, begitu mudah bagi Tuhan untuk menghadirkan perubahan dalam hidup kita, terlebih saat kita merasakan beban yang berat, putus asa, jalan buntu. Syaratnya, hanyalah peka terhadap kehadiran Tuhan dan mau mendengarkan ajakan-Nya. Saya sudah mengalami perubahan yang besar, Simon sudah mengalami perubahan yang besar. Sahabat, saya percaya, Anda pun akan bisa mengalami perubahan yang besar. Kalau hari ini Tuhan mengajakmu untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam, bersiaplah akan satu perubahan yang besar yang Tuhan Yesus tawarkan bagimu.

Tuhan Yesus memberkati. (BVJWS)