Lepaskan

Renungan Minggu 30 September 2018, Hari Minggu Biasa XXVI

Bacaan: Bil. 11:25-29Mzm. 19:8,10,12-13,14Yak. 5:1-6Mrk. 9:38-43,45,47-48

LEPASKAN

Dan jika matamu menyesatkan engkau, cungkillah, karena lebih baik engkau masuk ke dalam Kerajaan Allah dengan bermata satu dari pada dengan bermata dua dicampakkan ke dalam neraka, di mana ulat-ulat bangkai tidak mati dan api tidak padam. (Mrk. 9:47-48)

Yesus yang Tuhan mau menanggalkan ke-Tuhanan-Nya untuk menjadi manusia, hanya dengan satu tujuan untuk menyelamatkan kita dari kematian. Dia bayar dengan nyawa-Nya demi keselamatan kita.

Melalui bacaan injil hari ini, Dia ingatkan kita untuk mau melepaskan apa yang tidak berguna untuk keselamatan kita. Ini berarti kita mulai memilah-milah mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Kebutuhan kalau dipenuhi akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik, contohnya menjadi lebih sehat karena makanan yang sehat, istirahat yang cukup; menjadi lebih bijaksana karena selalu belajar hal-hal yang baik, lebih dapat mengendalikan diri, dan menjadi lebih peduli kepada sesama. Sedangkan pemenuhan terhadap keinginan lebih pada memuaskan ego yang tidak akan pernah puas karena keinginan yang satu akan menuntut keinginan yang lebih besar sehingga akhirnya sering membuat kita menjadi semakin fokus pada diri sendiri.

Memang tidak mudah untuk mengurangi keinginan apalagi pada saat kita sedang berlebih secara keuangan. Tetapi kalau Yesus yang sebagai Tuhan saja mau untuk menanggalkan ke-Tuhanan-Nya, maka tentunya kita juga akan mampu mengurangi keinginan kita sehingga kita boleh semakin memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Tuhan Yesus memberkati. (MHP)

Hasil gambar untuk mark 9:47