Hati Bapa

Renungan Kamis 13 September 2018, Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus

Bacaan: 1Kor. 8:1b-7,11-13Mzm. 139:1-3,13-14ab,23-24Luk. 6:27-38

HATI BAPA

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati. (Luk. 6:36)

Shalom Saudara terkasih,

Zama sekarang, mengasihi orang yang membenci kita dan mendoakan musuh kita adalah suatu kebodohan. Kita akan menjadi orang aneh, tidak wajar, tidak waras menurut kata dunia. Budaya balas-membalas adalah budaya yang melingkari hidup kita. Namun kita harus mampu keluar dari lingkaran itu dengan menebarkan budaya kasih persaudaraan. Kasih itu mengampuni dan memaafkan. Kasih itu murah hati.

Biarlah Tuhan sendiri yang akan mengobati dan menyembuhkan luka hati kita. Hanya Tuhan juga yang berhak menghakimi dan melakukan pembalasan atas apa yang telah orang lain perbuat kepada kita. Kita hanya perlu menyerahkan hati kita yang sakit pada Tuhan, mengadu pada Tuhan, bukan manusia

Tuhan Yesus mengajarkan pada kita hal-hal yang bertentangan dengan kata dunia. Dia bukan hanya mengajarkan tetapi sudah melakukan-Nya juga. Kita pun diminta untuk meneladan hidup Yesus. Kalau kita mengasihi orang yang  mengasihi kita, apakah jasa kita? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian. Yesus ingin agar kita tidak serupa dengan karakter dunia namun  semakin serupa dengan karakter Yesus, yaitu mengasihi musuh, memberi pinjaman tanpa mengharapkan balasan, berbuat baik kepada orang yang tidak tahu berterima kasih, berbuat baik pada orang jahat dan tidak menghakimi orang lain.

Maka ganjaranmu akan besar dan kalian akan menjadi anak Allah yang mahatinggi itulah upah kita yang mau menjadi pelaku cinta kasih bagi sesama. Kasih sejati adalah kasih yang timbul dari kemurahan hati dan rela mengampuni.

Doa: Allah Bapa yang maha pengasih dan penyayang, kuatkanlah kami  dalam upaya melakukan perintah-Mu untuk hidup yang memiliki semangat kasih dan pengampunan karena dengan mengampuni kami pun akan diampuni walaupun hal itu terasa sulit dan berat bagi kami. Karena Engkaulah Tuhan dan juru selamat kami, kini dan sepanjang masa. Amin. (IPJ)

Hasil gambar untuk Luke 6:36