Terbuka, Mengalami, Percaya

Renungan Jumat 24 Agustus 2018, Pesta St. Bartolomeus Rasul

Bacaan: Why. 21:9b-14Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18Yoh. 1:45-51

TERBUKA, MENGALAMI, PERCAYA

Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” (Yoh. 1:49)

“Anda adalah seorang yang setia kepada sesuatu termasuk institusi, karena Anda adalah seorang yang menentang perubahan dan cenderung mempertahankan sesuatu yang telah berjalan lama.” Kalimat tersebut adalah poin pertama dari hasil tes kepribadian yang pernah saya lakukan.

Merenungkan kata-kata dan tindakan Natanael, saya diingatkan kembali bahwa seringkali saya tidak melakukan sesuatu karena asumsi-asumsi yang saya pegang dan menolak untuk mencari tahu kebenaran yang sesungguhnya.

Natanael telah hidup dalam tradisi Yahudi yang percaya tidak ada nabi yang datang dari Galilea (apalagi kota sekecil Nazaret), tetapi keinginannya untuk berjumpa Mesias dan keterbukaannya terhadap ajakan sahabatnya membawa dia pada perjumpaan dengan Yesus yang berakhir dengan pengakuan yang luar biasa, “Rabi Engkau Anak Allah..”

Sabda Tuhan hari ini menegur dan mengingatkan saya kembali untuk tidak bertindak karena asumsi dan mau terbuka untuk melihat segala sesuatu agar segala tindakan saya tidak berdasarkan pikiran sendiri tetapi sesuai dengan kebenaran dan kehendak Tuhan.

Doa: Tuhan curahkan rahmat-Mu agar aku memiliki hati yang terbuka sehingga dapat melihat kehadiran dan karya-Mu dalam aktivitasku sehari-hari. (FH)

Gambar terkait