Sedikit Yang Dipilih

Renungan Kamis 23 Agustus 2018

Bacaan: Yeh. 36:23-28Mzm. 51:12-13,14-15,18-19Mat. 22:1-14

BANYAK YANG DIPANGGIL, SEDIKIT YANG DIPILIH

Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih. (Mat. 22:14)

Ketika membaca perikop ini secara keseluruhan saya dingatkan bahwa saya harus bersyukur, kita semua harus bersyukur, karena kita semua sudah mendapatkan kasih karunia keselamatan dari Tuhan.

Perjamuan kawin adalah peristiwa yang penuh sukacita, tetapi ternyata banyak yang dianggap “LAYAK” untuk undangan tersebut tidak mau datang hadir dengan berbagai alasan dan kepentingan pribadi. Meskipun Tuhan sudah menyediakan yang terbaik bagi mereka tetapi mereka tidak mau juga datang.

Karena itu Tuhan mengundang lebih banyak orang lagi dengan berbagai cara termasuk yang dianggap “TIDAK LAYAK” pun diundang-Nya (Mat. 22:10); mereka mengumpulkan orang-orang yang dijumpainya di jalan-jalan, orang-orang jahat dan orang-orang baik, sehingga penuhlah ruangan perjamuan kawin itu dengan tamu.

Saya menganggap saya termasuk dalam kelompok yang “tidak layak” ini, tetapi karena kasih karunia saya mendapatkan “kelayakan tersebut”.

Betapa bersyukurnya saya, oleh karena itu saya juga teringat meskipun saya sudah dibaptis sejak SMA (mendapatkan “kelayakan” tersebut), saya yang sudah mendapat kasih karunia tersebut, juga dulu ternyata sering “MENOLAKNYA” dan hidup sesuka hati serta melakukan banyak sekali dosa.

Puji syukur kepada Bapa, Putra dan Roh Kudus karena kasih-Nya yang tiada henti, saya masuk ke dalam anugerah pertobatan demi pertobatan supaya saya bisa masuk ke dalam “perjamuan kawin” yang sempurna di surga kelak.

Pertanyaannya adalah:

  1. Apakah kita sudah benar-benar layak untuk masuk ke dalam perjamuan kawin Tuhan di surga? (Sebab firman-Nya di Mat. 22:12 ada yang tidak mengenakan pakaian pesta dan akhirnya ditolak)
  2. Apakah kita sudah “mengenakan pakaian pesta”?

Doa: Ya Bapa masukkanlah kami ke dalam pertobatan-pertobatan yang mendalam dalam hidup kami, supaya kami menjadi semakin serupa dengan Putra-Mu Tuhan kami Yesus Kristus dan kami pada waktunya nanti Engkau layakkan mengikuti Perjamuan Kawin Surgawi. Amin. (VSH)

Hasil gambar untuk matthew 22:14