Pertobatan

Renungan Selasa 17 Juli 2018

Bacaan: Yes. 7:1-9Mzm. 48:2-3a,3b-4,5-6,7-8Mat. 11:20-24

KESELAMATAN HANYA DIPEROLEH LEWAT PERTOBATAN

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.” (Mat. 11:20-21)

Selamat pagi para sahabat Kristus, firman Tuhan hari ini mengingatkan supaya setiap orang bertobat. Tidak ada seorang atau satu kota pun yang merasa berada pada zona aman dan merasa paling suci dan paling diselamatkan. Sebagai manusia berdosa, maka setiap kita mestilah menjadi pribadi yang bersedia untuk bertobat; ini yang dikatakan Tuhan Yesus ketika Ia mengecam beberapa kota. Bahkan Tuhan Yesus mengatakan bahwa kalau mereka tidak bertobat, sekalipun di situ Yesus mengadakan banyak mujizat namun tanggungan Sodom dan Gomora jauh lebih ringan dibanding mereka.

Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: “Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi Aku berkata kepadamu: pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.”

Sebagai orang percaya kita harus terus menerus memproses hidup kita melalui pertobatan, tinggalkan zona nyaman kita, di mana kita merasa aman-aman saja dan baik-baik saja. Pertobatan itu penting ketika kita tahu bahwa di antara usaha kita untuk berlaku baik dan benar, tentu ada hal yang tidak berkenan di hati Tuhan. Jangan menjadi sombong apalagi angkuh dengan status sebagai “orang Kristen” namun justru tunjukkan buah pertobatan dalam hidup kita dengan berkata benar, berlaku benar, hidup benar di hadapan Allah.

Berkat Allah menyertai kita semua. Amin. (VBP)

Related image