Kekuatan Dari Allah

Renungan Rabu 25 Juli 2018, Pesta St. Yakobus Rasul

Bacaan: 2Kor. 4:7-15Mzm. 126:1-2ab,2cd-3,4-5,6Mat. 20:20-28

KEKUATAN DARI ALLAH

Tetapi harta ini kami punyai dalam bejana tanah liat, supaya nyata, bahwa kekuatan yang melimpah-limpah itu berasal dari Allah, bukan dari diri kami. (2Kor. 4:7)

Bacaan hari ini menumbuhkan semangat dan memberi kekuatan pengharapan untuk mewartakan Injil. Rasul Paulus sering kali mengalami penindasan, dianiaya, terhimpit sampai kehabisan akal, namun ia tidak putus asa, sebab ia mempunyai pengharapan besar agar banyak orang menjadi percaya.

Pada zaman sekarang, kita bukan lagi dianiaya atau ditindas, tetapi kita mengalami lebih dihimpit oleh keadaan. Mungkin kita dihimpit oleh keadaan ekonomi, yang membuat orang harus bekerja siang malam sampai lupa waktu untuk bersekutu dengan Tuhan. Yang ekonominya sudah mapan, maka waktunya dipakai untuk nonton sinetron, belanja, makan-makan, dll. Tidak ada lagi waktu untuk merenungkan Sabda Tuhan. Sebenarnya hal-hal duniawilah yang saat ini menindas dan menghimpit kita.

Kita tidak bisa lepas dari hal-hal duniawi itu, sehingga kita perlu kekuatan dari Allah. Kita menjadi seperti batang air yang kering maka kita perlu memohon kepada Tuhan, seperti dalam Mazmur 126:4, agar Tuhan memulihkan keadaan kita, menyegarkan dahaga jiwa kita, melepaskan kita dari himpitan nafsu duniawi.

Tuhan juga mengingatkan kita akan tugas perutusan kita, sebagai pembawa Injil, mau melayani sesama, seperti dalam Matius 20:28. 

Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan kasih karunia-Nya kepada kita semua. Amin. (DL)

Related image