Tujuan Sebuah Nama

Renungan Minggu 24 Juni 2018, HARI RAYA KELAHIRAN St. YOHANES PEMBAPTIS

Bacaan: Yes. 49:1-6Mzm. 139:1-3,13-14ab,14c-15Kis. 13:22-26Luk. 1:57-66,80

TUJUAN SEBUAH NAMA

Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: “Namanya adalah Yohanes.” Dan merekapun heran semuanya. (Luk. 1:63)

Shalom sahabat-sahabat SEP dan KEP.
Dalam suatu keluarga, ketika seorang bayi dilahirkan, ayah ibunya memberi nama kepadanya. Nama yang mencerminkan harapan dari orang tuanya atas kehidupan si anak. Ada yang diberi nama Sugeng, dengan harapan si anak selalu selamat. Ada yang diberi nama Subagio, dari kata su yang artinya baik dan bagio yang artinya bahagia, dengan tujuan agar si anak memiliki kehidupan yang baik dan bahagia. Begitu juga pemberian nama-nama yang lain mempunyai suatu tujuan.

Hari ini Gereja merayakan hari kelahiran Santo Yohanes Pembaptis. Dalam usia delapan hari, anak dari Elisabet dan Zakharia ini diberi nama Yohanes, nama yang diberikan Allah melalui malaikat Gabriel ke Zakharia saat sedang bertugas di Bait Allah. Nama yang Allah berikan ini menunjukkan suatu tujuan, memberikan suatu harapan. 

Yohanes artinya Allah berbelas kasih. Allah menunjukkan belas kasih-Nya dengan memberikan seorang anak kepada Zakharia dan Elisabet yang mandul, di usia tuanya. Kehidupan Yohanes mencerminkan terwujudnya belas kasih Allah kepada umat manusia, seperti yang telah dinubuatkan melalui para nabi, di mana Yohanes, dengan kuasa dan roh nabi Elia, berperan membuka jalan bagi Sang Mesias Sang Juruselamat Yesus Kristus, untuk membawa orang-orang bertobat dan berbalik kepada Allah.

Pertanyaan yang perlu kita renungkan:

  1. Saat orangtua memberikan nama kepada setiap kita, nama itu menunjukkan suatu tujuan,
    suatu harapan. Sudahkah aku menyadari hal ini dan sejauh mana tercapainya tujuan itu?
  2. Setiap orang yang dibaptis mempunyai tujuan untuk menjadi serupa dengan Kristus, maka
    kita memakai nama Santo/Santa sebagai nama baptis dan krisma untuk menjadi teladan dan
    pendoa kita dalam menuju serupa Kristus. Sejauh mana tercapainya tujuan dari nama baptis
    dan krisma yang kita sandang ini?

Nama baptis saya adalah Hubertus, yang artinya hati/pikiran yang bersinar. Nama krisma saya adalah Lukas, yang artinya adalah pembawa cahaya. Nama-nama inilah, bersama nama pribadi di akte lahir, yang perlu tercermin dalam kehidupan sehari-hari saya. Ketika merenungkan kembali perjalanan hidup yang sudah saya lewati, saya sungguh bersyukur mengalami kehadiran Tuhan yang sungguh nyata, saat saya benar-benar percaya dan berserah penuh, serta membangun relasi dan komunikasi yang intim dengan Tuhan. Campur tangan Tuhan yang menuntun dalam kehidupan sehari-hari senantiasa menyertai. Tidak lagi ada kata kebetulan. Kehadiran dan campur tangan Sang Mahatahu dan Mahakuasa (seperti yang diungkapkan dalam Mazmur 139) sungguh terjadi. Seperti Allah mempunyai rencana atas kehidupan Yohanes (di bacaan kedua dan Injil hari ini) maupun nubuat melalui Yesaya di bacaan pertama tentang Hamba Tuhan (Yesus), saya pun mulai menyadari, bahwa Allah punya rencana atas hidup saya, menjadi pembawa cahaya Kristus dalam dunia kehidupan sehari-hari. Maka pertama-tama hati dan pikiran saya yang perlu diterangi cahaya Kristus lebih dahulu, sehingga akhirnya dapat bersinar memancarkan Terang Kristus bagi sesama. Saya perlu meneladan kehidupan Santo Hubertus dan Santo Lukas.

Mutiara Firman :
Belajar dari kehidupan St. Yohanes Pembaptis, ada tiga hal yang perlu kita miliki, agar tujuan dari nama pribadi, baptis maupun krisma tercermin dalam kehidupan kita:

  1. Mengetahui dan menghidupi makna nama tersebut.
  2. Bersatu dengan Tuhan, sehingga tangan-Nya menyertai kita (bdk. Luk.1:66).
  3. Membangun roh yang kuat (bdk. Luk.1:80), dengan menghidupi jari-jari roda kehidupan kristiani: Doa, Firman Tuhan, Komunitas, Pelayanan.

Doa: 

Allah Roh Kudus, penuhi dan pimpinlah hidup saya, agar mampu menghidupi tujuan dari nama pribadi, nama Baptis dan nama Krisma saya, dalam menuju keserupaan dengan Kristus. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

Santo Santa pelindung kami, doakanlah kami. Amin.

(HLTW)

Image result for Luke 1:63